Merangkum 2020: Perubahan Selama Pandemi


Halo blog, terakhir aku update soal keluh kesah di 2019 yang rasanya
mirip naik rollercoaster itu. Ternyata masuk tahun 2020, bukan lagi naik rollercoaster, naik-turunnya lebih ajaib. Kenapa? Mungkin karna adanya pandemi.

Pemberitaan Covid-19 mulai muncul di Februari dan merasa cuma perlu jaga kondisi tubuh, usahakan pake masker kalo sakit, dan sering-sering cuci tangan. Sampai diberitakan kasus positif di awal Maret, semua panik, masker habis di mana-mana. Tapi sehari sebelum berita itu aku masih nonton HEYFEST! di SMB. Saat itu mulai makin ketat cuci tangan terus dan belum pake masker rutin karna susah banget carinya.

Di bulan itu kerjaan kantor lagi padat-padatnya buat promosi film yang lagi tayang dan yang akan tayang. Dua minggu setelah kasus pertama itu diberitain, masih harus adain gala premiere dengan keramaian yang luar biasa, tapi pada akhirnya ditunda penayangan karena Jakarta mulai ketat soal pembatasan interaksi.

Masih keinget banget betapa bahagianya denger kantor info tentang Work From Home per 18 Maret itu, kayak dikasih istirahat karena dari bulan Oktober 2019 kantor emang lagi padat-padatnya. Dan akhirnya memutuskan untuk pulang ke rumah karna WFH berlakunya sekitar 1-2 minggu.

Tapi ternyata… itulah awal dari semua perubahan-perubahan yang terjadi di tahun 2020.

1. Waktu Untuk Pulang

Sejak lulus tahun 2016 dan langsung kerja di Jakarta, kehitung 3 tahun lebih nggak pernah ngerasain pulang ke rumah lebih dari seminggu. Paling lama itu seminggu pas libur lebaran dan libur akhir tahun, itu juga terpaksa potong cuti. Udah resiko karna kerja jauh dari rumah dan harus ngekos. Di sela tahun-tahun itu, aku sesekali membatin kalo lagi capek di kosan dan kangen rumah: “Apa resign aja deh biar bisa di rumah terus. Tapi kalo resign, ya gak mau juga. Apa gak bisa ya cuti dulu sebulan gitu biar bisa lama di rumah!?”

Tahun ini keinginan aku dijawab. Tanpa harus resign, tetap bisa kerja, tapi bisa di rumah berbulan-bulan. Jadi makin deket sama adek, bisa makan masakan rumah, ngerawat orang tua sakit, dan tau kondisi di rumah secara langsung. Meskipun keadaan nggak baik-baik aja, tetep bisa bersyukur di sisi lain.

2. Work From Home

Yang biasanya selalu kerja di kantor 9 to 6, akhirnya bisa langsung kerja begitu bangun tidur tanpa harus mandi dan jalan ke kantor. Cuma melek, ngulet-ngulet di kasur, gosok gigi, langsung buka laptop kerja. Seminggu-dua minggu kerasa asik. Tiga minggu dan seterusnya mulai kerasa encok karna zoom meeting. Dan ada rasa beda kalo tektok kerjaan nggak face-to-face. Karna kerjaan digital, ya nggak ada masalah mau WFH terus juga. Tapi karna bioskop nggak ada chance buka juga jadi film ditunda, timeline jelas keubah total. Sebelum WFH, aku buat timeline emergency selama satu bulan, ternyata WFH jadi berbulan-bulan. Malahan… harus bener-bener berubah total.

3. Resign, Adaptasi Lagi

Banyak industri yang kena dampak dari pandemi ini, termasuk film. Bioskop tutup, shooting ditunda. Dan setelah 2 bulan WFH, rasanya bingung... karna aku masih dapet kesempatan untuk stay, tapi beberapa lainnya terpaksa harus unpaid leave, yang tadinya 10 orang jadi dipangkas cuma 4 orang. Sampai akhirnya bulan Agustus, ambil keputusan untuk resign karna ada kesempatan lain. Dan syukurnya, karna aku resign jadi bisa kosongin posisi buat temen se-team yang kena unpaid leave, meski cuma satu orang. Setidaknya resign ini ada positifnya buat team.

Rasanya ya berat, lagi happy banget sama kerjaan di kantor ini, tau-tau pandemi, tau-tau hold semua project, dan akhirnya harus resign. Bayangin adaptasi kantor baru di masa pandemi udah pesimis banget. Terbukti sebulan pertama nangis-nangis karna belum nemu kliknya, masuk dua bulan mulai bisa nerima, masuk bulan ketiga masih berusaha buat adaptasi dan syukurnya ada kemajuan.

4. Tentang Kehilangan

Banyak banget yang kehilangan di tahun ini. Berita duka dari selebriti, update-an Instagram temen tentang kehilangan keluarganya, juga kabar duka temen sendiri yang kenal baik. Berat harus kehilangan orang terdekat di masa pandemi ini, karena memang mental juga lagi nggak sekuat biasanya. Sampai akhirnya kejadian di aku. Akhir Juli tahun ini, Nenek meninggal. Mau ngetiknya aja udah ngembeng ini… Meskipun beberapa tahun belakangan ini jarang ketemu karna itu tadi—kerja di Jakarta, tapi bonding ke Nenek bisa dibilang lebih dari ke Mamah. Ingatan masa kecil aku ya sama Nenek, waktu TK yang nungguin Nenek, sampe umur 26 tahun selalu jadi cucu kesayangan Nenek karna cucu pertama. Tapi sekali lagi, pandemi ini jadi satu-satunya cara supaya aku ngerasain ngerawat Nenek di masa-masa sakit—selama sakit Nenek dirawat di rumah aku. Bersyukur masih dikasih kesempatan—walaupun agak nyesel, karna pas ngerawat terlalu emosional jadinya galak, padahal cuma takut kenapa-kenapa sejujurnya. Jadi sekatang masih kerasa kosong kalo keinget.

Setiap orang pasti punya struggle yang dialami selama 2020 ini. Banyak banget perubahan yang harus dirasain semua orang, semua aktivitas harus dilakuin dari rumah, cara kerja dan belajar berubah jadi online, kebiasaan yang harus diterapin dengan ketat, usaha-usaha yang kena dampak, jaga kondisi fisik dan mental supaya tetep bisa kuat. Masih ada banyak lagi.

2020 has been a roller coaster with multiple 360-degree loops and 90-degree drops. And, this ride is almost over. I should be proud of myself. Think of everyone that’s helped me this year. Also, never regret anything.

Dalam setiap caption brand akan selalu kutulis: Tetap #DiRumahAja! Baiknya sih jangan egois buat maksa pergi liburan di saat masih kayak gini.

Stay safe everyone! 🙂

Comments

Marisa Roti said…
Loh, Rika. Lo kerja di bioskop sebelumnya? Menarik.

Btw, hebat ya lo bisa mikir selfless kayak gitu, resign dan juga bisa bantu temen yang harus unpaid leave. kalo gue mungkin akan seegois mungkin utk bisa survive. Gimana rasanya beradaptasi tapi hanya via zoom?

Bangun langsung kerja itu gue banget! T.T

Beruntungnya pekerjaan gue nggak begitu terdampak sektornya, jadi penghasilan masih normal.

Semoga kondisi ini cepet berakhir ya, dan bisa balik normal lagi. Although I LOVE WORKING FROM HOME SO MUCH!
Semoga Blognya tetap Aktif