May 21, 2012

Flashback Anime


Kalo inget-inget jaman SD angkatan kelahiran 1994 itu nggak ada matinya. Mulai dari acara tv, jajanan di sekolah, sampe maen sama temen sekomplek itu buanyaaaaak banget. Dan macem-macem. Dulu belum kayak sekarang, yang anak SD aja pegangannya udah blekbeli, eypet, dll. Dulu ramah lingkungan banget mainannya. Mulai dari petak umpet, gundu (ini main kelereng), polisi-polisian (aaaakhh kangen temen sekomplek kalo inget main ini), bentengan, main karet, dll. Intinya banyak banget. kalo diceritain, ujung-ujungnya saya pasti curhat. Ini aja udah kehitung curhat. HAHAHA. Postingan ini bakalan panjang kayaknya.

Sekarang saya cuma mau bahas beberapa anime yang dulu booming di Indonesia. Saya bahas yang saya inget-inget aja, udah 10 tahunan lebih kali ya. Walaupun ada beberapa yang sempet tayang di TV pas saya SMP. Itupun nggak kerasa, soalnya jam-jam tayangnya nggak pas dan yang nyiarin pun stasiun TVnya kurang jernih. Beda sama dulu, anime di TV itu makmur banget, pagi siang sore anime mulu, tapi mantap!

Jeanie With The Light Brown Hair
Ceritanya tentang cewek imut rambut pirang yang tinggal di kota kecil entah apa namanya, setelah googling saya tau, namanya Pennsylvania. Hahaha. Tokoh utamanya, Jeanie MacDowell. Ayahnya dokter, ibunya meninggal, terus dia punya ibu tiri yang nggak asik banget. Jeanie punya dua temen deket, Steven dan Bill. Mereka bertiga suka main musik bareng. Steven (si ganteng) jago harmonika, Bill main banjo, Jeanie kebagian nyanyi. Seinget saya ceritanya Jeanie suka nolongin anak-anak di panti asuhan tempat Steven sama Bill, tapi sering di larang sama ibu tirinya (kalo ingetan saya meleset, maaf ya). Ada love story-nya juga, si Jeanie sama Steven. Saking cintanya sama anime ini!
Jeanie MacDowell
si ganteng, Steven
Bill
mereka berdua cucok :3





Obake no Horry

Ini cerita tentang hantu cokelat namanya Horry. Ada temen-temen hantunya juga, pocong, kuntilanak, dll. Bukan lah. Ada hantu permen, namanya Candy, dulu suka sama karakter ini, pink gitu sih. Terus ada hantu tissue, namanya Toleper. Hantu paprika, namanya Phyton. Mereka hantu tapi karna unyu jadi nggak bisa nakutin orang-orang, ya sebagai hantu mereka pasti ngerasa gagal (ini @poconggg banget ya). Mereka berempat sering kena marah sama nyonya Majorin.

 
Creamy Mamy
Namanya Yuu, udah ingetnya itu doang. Dia dapet kekuatan ajaib dari langit, dia bisa berubah jadi gadis dewasa pake alat ajaib yang bentuknya mirip tempat bedak terus bisa keluar tongkat, nah tongkatnya itu yang bisa bikin dia berubah jadi gadis dewasa. Akhirnya dia jadi penyanyi terkenal pake nama Creamy Mami. Dulu sering banget ngikutin kalimat mujarabnya si Mami, PAMPURU PIMPURU PAMPOPUN! Hahaha.


Minky Momo
Anak perempuan yang punya rambut pink, dia asalnya dari negeri (lupa namanya) yang jelas itu negeri dongeng. Punya tongkat ajaib (bentuknya kayak tongkat permen—yang suka digantung di pohon natal) sama tiga hewan peliharaan. Dia bisa berubah jadi apapun dalam bentuk perempuan dewasa. Ceritanya seru, serius, soalnya si Momo sering berubah jadi macem-macem, dan hasilnya cantik-cantik hahaha.

 
Honey Bee Hutch
Mama… mama… dimanakah kau berada. Yak! Itu soundtracknya. Ini anime keren dan saya selalu inget jalan ceritanya. Tiap sore jadi tontonan wajib, inget banget abis pulang sekolah ngaji langsung duduk depan TV nungguin Hatchi. Anime tentang lebah madu, namanya Hatchi yang nyari mamanya, mamanya itu ratu lebah. Dulunya dia lahir pas bangsa lebah lagi perang sama tawon (nggak tau namanya apa yang jelas wujudnya mirip tawon—tawon itu lebih besar dan lebih galak dari lebah, iya bukan? Iya menurut saya), terus karna mamanya nggak mau Hatchi kenapa-kenapa jadi telur Hatchi dititipin ke kupu-kupu (yang katanya sih bibinya). Akhirnya Hatchi lahir dan dia nggak punya mama. Dia nyari mamanya, penuh petualangan, Hatchi ini lebah madu yang baik, setiap perjalanan untuk cari mamanya Hatchi ketemu banyak serangga, ada yang jahat, ada yang baik, banyak banget. Cerita tiap episodenya juga selalu ada pesan moralnya, ini tontonan bagus! Intinya gitu. Akhirnya Hatchi nemuin mamanya, mamanya ternyata di sandera sama bangsa lebah pemangsa (alias si tawon tadi). Happy ending kok akhirnya, Hatchi udah punya adik, namanya Aya.
bibinya Hatchi

Ghost at School
Anime yang udah mulai modern—menurut saya. Dulu tayangnya pas maghrib, soundtracknya bagus. Ceritanya tiap episodenya keren-keren. Horor tapi bukan kayak horornya film Indonesia #eh. Intinya keren! Anime tentang sekelompok murid SD kelas 6 yang suka ngusir roh di sekolah mereka. Itu gara-gara ada Satsuki (si pemeran utama) yang warisin sifat ibunya, bisa ngusir roh jahat. Satsuki selalu bareng sama temen-temennya. Hajime, Momoko, sama Leo. Satu lagi, adik laki-lakinya juga suka ikut, Keiichirou. Oh ya jangan lupa juga sama kucingnya, Amanojaku.


Tico and Friends

Suka banget nonton anime ini. Ceritanya tentang anak perempuan yang hidupnya di laut—di atas kapal laut maksudnya—gara-gara ayahnya emang peneliti, berlayar karna mau nemuin lumba-lumba bercahaya. Anak perempuan tadi namanya Nanami (Kyaaaa! My nickname noooowww!), Nanami punya temen namanya Tico, Tico ini lumba-lumba. Kalo Nanami butuh Tico, dia tiup peluit, dan Tico pun muncul. Indah banget pokoknya. Tiap episode banyak petualangannya, si Nanami ini tomboy, ibunya udah nggak ada. Tapi episode paling berkesan buat saya itu pas detik-detik mau nemuin lumba-lumba bercahaya, tempat lumba-lumbanya itu harus ngelewatin kawasan cumi-cumi raksasa dulu. Banyak rintangannya, tapi akhirnya ayahnya Nanami (Scott) berhasil dapetin lumba-lumba bercahaya dan dia nggak jahat, tujuannya buat penelitian, bukan buat kepentingan sendiri. Mantap! Temen-temen Scott di atas kapal juga seru, mereka bukan keluarga tapi udah kayak keluarga karna berlayar bareng-bareng. Lupa nama-namanya, ada Selly, pelayannya Selly, Thomas, yang gendut itu siapa? Yang pegang kemudi kapal.


Azuki-Bunny

Anime yang selalu saya inget gara-gara kata-kata anehnya. Ciuman bisa bikin hamil. Uwahahaha. Namanya Azuki, dia suka sama anak laki-laki di kelasnya, namanya Yunosuke. Agak samar-samar ya ingatan saya.


P-Man

Ini tontonan wajib minggu pagi di RCTI, dulu! Nggak nonton P-Man, nggak keren. Ceritanya tentang anak sekolah yang kalo pake topeng bisa jadi pahlawan. Nolong orang-orang di kota. Dia suka dibantu sama temen-temennya, ada P-Girl, ada siapa lagi ya… lupa. Ada yang gendut gitu. Pokoknya P-Man lah! P-Man, P-Man, P-Man, namanya P-Man, P-Man! Itu soundtracknya.


Captain Tsubasa

Saya suka bola kalo nonton Tsubasa doang. Udah. Anime ini ceritanya tentang anak laki-laki yang punya mimpi jadi pemain sepak bola terkenal, namanya Tsubasa. Banyak tantangan buat dia, dari awalnya yang cuma jadi pemain cupu, sampe akhirnya jadi pemain internasional. Saya suka sama Misaki, imut! Dia pasangan emasnya Tsubasa. Ada banyak pemainnya, ada Hyuga, Misugi, Tachibana bersaudara, Wakabayashi, Wakashimatsu, dll. Tau deh itu tulisan bener atau nggak. Saya ingetnya begitu.


Hamtaro

Tentang hamster yang lucu-lucuuuuu! Pokoknya suka sama Hamtaro, gara-gara Hamtaro dulu langsung minta beli hamster dan mati gara-gara dia makan sedotan. Paling suka sama si Ribbon, hamster cewek yang disukain sama si Bos. Tukutuk~ Hamtaro tidur... Hamtaro tidur dimana saja~~ apa yang paling dia senangi... Biji bunga matahari~~ soundtracknya tuh, hahaha.


Chibi Maruko-Chan

Ini melegenda banget. Pasti pada tau semua, ceritanya tentang anak perempuan yang dipanggil Maruko, dia anak yang males, sering ngomong sama pikirannya sendiri, tapi dia anak yang baik. Punya banyak temen, Tamae, Hanawa, Nagasawa, dll.


Doraemon
Ini sih masih anget sampe hari ini. Siapa yang nggak kenal sama kucing berkantong ajaib ini? Seluruh angkatan kenal mungkin. Anime yang tetep awet dari generasi ke generasi.


Sisanya adalah banyak. Sebutin aja ya hahaha. Anime yang dulu pernah nguasain tv lokal adalah: Bubu Chacha, Card Captor Sakura, Pretty Cure, Dragon League, Let's & Go, Dragon Ball, Sailor Moon, Trouble Chocolate, Nube, Yugi-oh, Hunter x Hunter, Digimon, Pikachu, Makibao, Bakabon, dan masih banyak lagi.

Gambar dari Google, sebagian dari youtube, sebagian lagi dari saya sendiri. Sekian. Okelaaaa! Baybay!

21 komentar:

Rini Asmiyati said...

ASLI KANGEN BANGET SAMA HATCHI, P-MAN, HAMTARO. CHIBI MARUKO CHAN, I MISS MY CHILDHOOD SO DAMN MUCH :""""""

Rika Priwantina said...

me tooooo :""""

Rezzadian a,k.a. Om a.k.a eja a.k.a said...

wahaha... kalo aku doyannya saint saiya dulu... trus untuk yang paling lucu ya bakabon... anjrit dah tuh orang...

Rika Priwantina said...

ah yaaa! lupa itu padahal dulu itu paling mantep juga, saint saiya haha

wahidah minati oktavia said...

baca posting jadi flashback masa sd, anime dulu lebih bagus daripada anime sekarang

Claude C Kenni said...

Kangen Ghost At School, Doraemon, P-Man, Ninja Hattori...

Claude C Kenni said...

Itu si wahidah pasti jarang ngikutin anime jaman sekarang...justru anime jaman sekarang tambah keren dibandingin anime jaman dulu...

Code Geass, Ano Hana, Fate Zero, Steins Gate, Mirai Nikki...

outbound malang said...

kunjungan gan .,.
Belajarlah untuk bisa menerima sesuatu yang baru.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

Rika Priwantina said...

wahidah: anime sekarang jg bagus-bagus wahhh makin kereeen! XD tapi sayangnya ga di siarin di tv lokal :')

kak keven: yihaaa p-man! ghost at shcool! XD hehe iya kayaknya emang ga ngikutin anime sekarang kak wahidah itu.

outbound malang: sip deh ;)

wahidah minati oktavia said...

hehehehe udah jarang nonton tv rik, apalagi ngikutin perkembangan anime -,-

daisuke inami said...

masih banyak yang belum disebutin kayak hunter x hunter, pokemon, kindaichi, nube, dkk..
asli kangen banget sama masa kecil dulu yang susah di temuin di jaman sekarang..
biasanya dulu siang nonton hatchi sore main gobaksodor (permainan traidisional) atau petak umpet terus lanjut nonton creamy mami nyambung ke gost at school..bener memoriable.. :)
hehehe..

Zhane Freccs said...

bener banget, masa kecil yg sangat indah. haha

Gada Tahier said...

Asiik.. Anak2 indo lahiran abad 20 emg paling yahut.. XD haha

Anonymous said...

Boleh singgah yang kangen ama anime jeanie with the light brown hair :)

https://www.facebook.com/jeaniewiththelightbrownhair?skip_nax_wizard=true

Fransiska Adela Yolanda said...

Paling suka sama kartun Jeanie and The Light Brown Hair, tapi ga nnton sampai ending gra2 diputus sma Spacetoon. Tahu endingnya ga? hehehe :)

My secret said...

jadi kangen ama masa sd....
pokoknya ma
org2 yang tahu anime yang di page nih
semuanya adalah anak2 yang masa kecilnya sangat bahagia.....

sedih ama anak2 yang lahir pada zaman sekarang...
taunya cuma ganteng2 srigala doang.......

Praditya Putra said...

Makasih... *terharu bacanya

Elfabetha said...

Seneng bgt bacanya.. jadi kangen sd dulu. Anime favorit aku banyak bgt! Tsubasa, hxh, nube, ghost at school, card captor sakura, waah semuanya deh...

Destria Ekalianti said...

Kangen banget sma azuki-bunny.. pengen d puter ulang 😢

Destria Ekalianti said...

Kangen banget sma azuki-bunny.. pengen d puter ulang 😢

BABY DONA said...

Double bonus
Bonus cashback mingguan + bulanan
Bonus rollingan mingguan + bulanan
Bonus mengajak teman
Bonus deposit 3%
Bonus deposit 5%
Bonus deposit 10%
Bonus deposit 20%
Bonus deposit 50%
Bonus deposit 100%
Bonus harian
Bonus mingguan
bonus bulanan

Hanya DAERAH BOLA yang memiliki double bonus seperti ini!
VIP untuk limit meja live casino & maxbet permainan besar.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi:
BBM: D8D08BDD
SMS: 082272829802
WHAT’S APP: 082272829802
LINE: DAERAHBOLA
WECHAT: DAERAHBOLA
WEBSITE: WWW.DAERAHBOLA.COM