Rasanya Mirip Naik Rollercoaster


Rasanya bingung gimana mulainya.

Udah berbulan-bulan aku nggak nulis di sini. Karna nggak sempat dan terlalu banyak hal yang aku lewatin. Setelah blog post terakhir tentang fenomena resign, rasanya di titik itu semuanya dateng bertubi-tubi.

Tahun 2018. Lewat gitu aja, tanpa aku peduli yang udah aku lakuin apa aja. Dan, masuk di tahun 2019 segalanya makin dateng bertubi-tubi.

Sampai puncaknya di bulan Juli.

Aku mutusin untuk resign setelah tiga tahun kerja. Kerjaan full-time pertama, selama tiga tahun. Pengalaman fresh-graduate, sering gelut sama Bos Jepang, dan sempet jadi karyawan teladan. Nggak gampang mutusin untuk resign, tapi dalam waktu dua hari, keputusan itu final. Aku resign. Last day 6 Agustus 2019. Nggak pernah kepikiran akan secepet itu mutusin sesuatu yang buat aku perlu pertimbangan banyak.

Aku mungkin tipe orang yang gampang adaptasi, tapi nggak gampang ninggalin sesuatu yang udah jadi rutinitas. Bayanginnya aja kayak ada beban, aku harus pergi kerja ke gedung yang beda, rute jalan yang beda, ketemu atasan yang beda, temen satu team yang beda, tempat makan siang yang beda, sampe ketemu satpam yang udah nggak sama lagi. Sesederhana itu.

Soal adaptasi aku bisa cepet. Cuma ngerasanya tetep bakal ada yang beda.

Hari ini masuk bulan ketiga aku di kantor baru. Nggak ada masalah dan seru-seru aja sama orang baru. Makan siang bareng, jajan boba bareng, pulang bareng, ditawarin gorengan sama resepsionis, akrab sama satpam depan lift, dan lain-lain. Nggak ada yang beda, semuanya terlihat sama, tapi rasanya masih ada yang beda.

Aku nangis waktu pertama kali ngomong ke Nuri soal resign karna emang perasaannya campur aduk. Nuri bilang aku jahat ninggalin team, tapi waktu itu aku yang jadi kalut, emang nanti teamnya bakal sesolid ini? Bakal seseru ini?

Semua pertanyaan waktu itu muncul. Apa kerjaanku bakal diterima? Apa aku bisa gabung ke team di sana? Apa ini keputusan yang terbaik?

Ada kali sepanjang bulan Juli kemaren aku banyak bengong. Tapi, keputusan resign udah final dan aku bakal terima semua resikonya. Karna mau gimana juga aku harus tetep maju.
Alesannya kenapa?

Ada hal yang mau aku capai dan itu adanya di kantor yang baru ini. Bergerak di satu tempat  terus nggak bagus juga, kan? Selama tiga tahun ini pun rasanya aku udah banyak belajar di kantor sebelumnya.

Setelah drama resign ini. Rollercoaster-nya belum berenti.

Di awal Agustus aku harus nerima kenyataan kalo temen deket aku dari kuliah sampe sekantor, harus pergi selamanya.

Nggak gampang nerimanya. Aku paling nggak suka sesuatu berubah. Aku paling susah nerima kenyataan perubahan apapun. Mungkin udah agak lebih santai beberapa tahun belakangan ini, karna aku tau hidup harus terus muter. Soal apapun itu.

Lima hari menjelang last day aku di kantor, Mbapit harus pergi selamanya. Dan aku belum bilang sama sekali soal ini sampe akhirnya dapet kabar kalo Mbapit udah nggak ada.
Gladys bilang kalo dua orang ninggalin team di waktu bersamaan. Rasanya kosong waktu dia bilang gitu. Walaupun emang cuma sebatas temen di kantor, walaupun cuma ada di satu team yang sama, tapi rasa kehilangannya tetep sama, kayak udah jadi keluarga sendiri.

Apalagi Mbapit. Deket dari mulai semester tiga pas kuliah, ada di team kepanitiaan acara yang sama—Humas, Publikasi, dan Dokumentasi, kita nyebutnya HPD SQUAD. Sampe tahun terakhir di kampus kita masih satu team di kepanitiaan acara yang sama. Bahkan kita berjuang bareng ngurus skripsi sampe wisuda. Dan julukan kita itu DUO MIMIN, emang selalu cocok jadi admin socmed.

Setelah lulus, aku mulai langsung kerja. Sampe akhirnya aku suruh Mbapit masuk ke kantor yang sama, karna aku udah pernah kerjasama bareng waktu kuliah jadi aku nggak ragu rekomendasiin. Dan, kita akhirnya sekantor, satu team juga. Sedeket itu emang sama Mbapit, tapi aku baru sadar ada banyak hal yang nggak ditunjukin sama seseorang. Ada sesuatu yang nggak bisa diukur dari tampak luarnya aja. Mbapit nyimpen rasa sakitnya itu bertahun-tahun dan aku yang ngerasa deket nggak pernah sadar.

Tapi, aku yakin pertemuan sama Mbapit udah diatur, perpisahannya pun udah diatur.
Aku kangen kamu, Mbapit.
Aku kangen ketawa-ketawa bareng di kantor.
Aku kangen jalan ke halte Transjakarta bareng tiap pulang kerja.
Aku kangen makan siang bareng sambil bahas hal paling serius sampe paling absurd.

Selalu, orang yang ditinggalin bakal lebih sakit tiap inget kenangannya. Aku udah ikhlas sejak dapet kabar itu. Mbapit udah nggak sakit lagi, semoga tenang selamanya. Al-Fatihah.
Akhirnya aku masuk ke kantor baru. Mulai sesuatu yang baru dan rasanya akan baik-baik aja.

Sampe akhirnya aku mutusin sesuatu yang lain. Aku pindah kosan setelah tujuh tahun tinggal. Rasanya berat, selain karna kosan baru lebih mahal, juga karna Ibu sama Bapak di kosan lama udah kayak orang tua sendiri. Dan kosan itu saksi bisunya perjuangan aku selama di Jakarta. Alesannya kenapa pindah? Karna udah mulai capek di jalan dan mau lebih deket ke kantor.

Sepanjang Juli-Agustus ini kayak lagi naik rollercoaster. Bahkan mungkin sampe akhir bulan kemarin. Aku ditemenin terus sama Iki, setiap hari setiap pulang kerja, apapun alesannya, tapi aku ngerasa lebih baik.

Even if the upcoming move is something to look forward to, ya tetep sedih, tetep ngerasa ada yang ilang. It’s never easy to leave the comfort zone and current circle who have been my support base for years.

Smile! đŸ™‚

Comments