Pemutaran Film Animasi —Keiichi Hara


Sugeee! Ceritanya kemarin aku habis nonton film animasi Jepang bareng sama sutradaranya—plus gratisan—garis bawahi. Keiichi Hara-sensei ini diundang Japan Foundation ke Indonesia buat muterin film animasi masterpiece-nya yang terbaru, “Summer Days with Coo” (Kappa no Coo to Natsuyasumi) dan Colorful (Karafuru). Lokasinya di Plaza Senayan XXI studio 4. Awalnya sih sempet bingung soalnya mager-mager gitu di kost-an. Tapi karna terlanjur niat, akhirnya aku berangkat, walaupun berangkatnya sendirian—garis bawahi. Entar aku curhat deh tentang si X yang udah beberapa kali bikin aku gondok. Kali ini juga gara-gara dia aku (hampir) nggak bisa nonton, tapi untungnya aku selalu punya ide :P

Aku nonton sama anak-anak jurusan, walaupun berangkatnya sendiri, tapi janjian juga akhirnya dan aku nggak sendirian lagi. Kali ini aku sendiri dan aku nggak nyasar—garis bawahi lagi. Anak kelas C cuma ada Nova, sisanya anak kelas B, dan senpai-tachi. Bahkan pas pemutaran film kedua ada Eky-sensei dateng.

Pemutaran film pertama judulnya Summer Days with Coo, ceritanya tentang Kappa, Kappa itu sejenis hantu, atau… mahkluk gaib ala Jepang gitu deh. Yang saya tau sih Kappa itu hantu baik, dia tinggal di kamar mandi yang kotor, jadi kalo kamar mandi di rumah kita kotor mungkin aja ada Kappa-nya, itu sih cerita yang dulu pernah saya denger. Kalo di film ini, Kappa itu makhluk legenda yang hidup di air, suka main sumo, makan  ikan, jago renang, dan bentuknya kayak kodok gitu. Kappa ini makhluk yang paling tau balas budi, ceritanya dia tinggal waktu zaman Edo, tapi gara-gara dia terkubur di dalem batu, eh dia ditemuin sama Koichi (tokoh sentral cerita ini) di pinggir sungai, di masa sekarang, dia ditemuin masih beku di dalem batu. Keseluruhan ceritanya menarik, banyak pesan moral yang bisa diambil, emosinya dibolak-balik deh di film ini. Lucu, kesel, marah, sedih, ah banyak! Aku hampir mau nangis tapi nggak jadi soalnya tiba-tiba dibikin kocak. Lucunya film ini tuh ada musik gamelannya, soalnya Keiichi Hara-sensei jatuh cinta sama Ubud. Ini film animasi lama sih sebenernya, ini film animasi tahun 2007.

Pemutaran film kedua judulnya Colorful, ceritanya tentang kehidupan sehari-hari di Jepang. Penuh makna banget walaupun ada bagian yang nggak ketangkep—mungkin akunya yang lemot. Ceritanya tentang seseorang yang baru meninggal terus arwahnya masuk ke dalem raga Kobayashi Makoto, anak SMP yang sekarat gara-gara percobaan bunuh diri, itu efek samping dari Ijime (bullying) yang katanya lagi marak-maraknya di Jepang. Film ini sedih, haru, ada lucunya juga. Banyak banget pesan  moralnya, bisa belajar tentang kehidupan di dunia yang katanya nggak bisa dipisahin sama dua warna—hitam dan putih, tapi harus segala warna, karna semua orang punya warnanya masing-masing, dan yang lebih baik lagi kalo seseorang punya semua warna. Biar  seimbang dan dunia makin lebih berwarna. Colorful, gitu. Ceritanya diangkat dari novel karya Eto Mori. Film animasi ini muncul tahun 2010.

Nah acara terakhir itu talkshow sama sutradaranya langsung, tanya-jawab tentang dua film yang diputerin tadi. Seru, Hara-sensei cerita banyak di sini, oh dia keliatannya baik banget. Waktu break aku papasan sama dia, aku grogi banget, terus dia bilang “Arigatou Gozaimasu” aku senyumin aja. Aku nggak akan bisa ngomong kalo berhadapan sama orang Jepang, cukup… aku grogi hahahaha. Habis talkshow aku nggak lupa minta foto sama dia. Sumpeee pengen banget tanda tangan dia tapi… aku  nggak bawa kertas apapun, sedih. Akhirnya cuma foto aja plus jabat tangan. Uwoooo aku nggak nyangka bisa sedeket itu sama sutradara serial TV Doraemon, Esper Mami, sama Crayon Shin-chan. Rasanya… sugeee!

Oh ya, kita juga iseng minta foto sama petinggi Japan Foundation.  Huohoho entar aku mau main ke Japan Foundation pokoknya, titik! Entah—rasanya kalo denger Japan Foundation itu aku langsung melayang lagi ke tanggal 7 Januari 2012, berhasil, bangga, dll. I do!
Nova, Aku, Riri, Keiichi Hara-sensei, Gio, dan Nida
Gio, Riri, Petinggi Japan Foundation (nggak tau namanya), Aku, di belakang aku ada Siska
Ini lagi talkshow sama Keiichi Hara-sensei
Selesai foto-foto—seadanya (nyesel nggak bawa kamera) aku sama anak-anak ke foodcourt dulu, makan. Serius laper belum makan dari siang hahaha. Habis itu langsung pulang naik busway sama Gio, Alhamdulillah ada temen pulang :P

Udah yaaa mau pergi lagi. Hari ini ada rapat di Taman Mini. Aku sibuk, kan? :P

Comments