Work-life

11 months. Kata LinkedIn gitu. Kerasa nggak kerasa, aku udah 11 bulan kerja di kantor itu. Dari yang awalnya nggak yakin, sampe minta pencerahan ortu, pacar, bahkan random chat entah siapa, waktu itu yang kena senior di kampus, demi mutusin harus masuk di hari pertama kerja atau interview di tempat lain yang dischedule di hari yang sama. Sampe akhirnya aku milih duduk di lobby kantor itu-kantor yang sampe hari ini masih aku datengin setiap pagi selama 5 hari seminggu.


Waktu itu, pas hari pertama canggung, persis kayak anak pindahan masuk sekolahan baru. Dan tatapan-tatapan "nih bocah SMP nyari siapa sih" bikin makin canggung. Dua minggu masih belum hapal nama, tapi udah punya grup makan siang ama grup pulang bareng.

Culturenya cocok cocok aja buat aku, tipikal kantor Jepang yang disiplin-addict. Masuk jam 9, pulang jam 6. 8 jam sehari. No lembur, no work-home. Manajemen waktu nomor satu. Manner harus indah. Mungkin cocok karna aku udah kebiasaan sama cara kerja orang Jepang selama di teater. Jadi nggak gitu ngerepotin.

Dibanding sama kantor yang interviewnya aku batalin itu sih beda jauh. Di sana, aku bisa pake baju model apaan aja, warnain rambut sesukanya, jam masuk lebih fleksibel, tapi jam pulang... nggak janji tengo. Work-home pasti. Dan kerjaannya passion aku banget-digital savvy-gitu, kalo kata orang-orang. Walopun kerjaan yang sekarang juga masih dilingkup yang sama. Tapi, still wondering what happen if I do that job, ya?

Tapi, I have no regret.
Karna toh di sini aku mulai masuk fase nyaman. Mulai dari kerjaan, lingkungan, atasan, sampe gajian so far masih good, presentasenya 80% lah.

Kerjaan?
Kerja di tempat yang sekarang adalah challenge aku. Belajar macem-macem yang keluar dari zona amannya aku. Pusing iya (banget), tapi so far menyenangkan dan menguntungkan. Kalo kerja cuma kerja tok, nggak sampe 6 bulan juga udah jenuh. Aku seneng kerjaan sekarang nggak sekedar kerja, 8 jam sehari itu lama, kalo nggak ada hal yang bisa aku pelajarin ya mending bobo di rumah bangun-bangun makan sambil nonton drama korea sampe ketiduran. Terus ngulangin aktivitas yang sama berhari-hari.

Lingkungan?
Emang sih ambiencenya jauh sama yang pernah aku pengenin. Kaku. Sebagian bukan tipikal millennial, lawakan ampe gaya pake bajunya aja udah beda. Tapi itu nggak semua, untungnya temen satu tim anaknya seru-seru walopun kadang lawakannya agak tua. Dan grup whatsapp/skype tim kadang bahasannya penting nggak penting. Tapi tetep rame manusianya, terus nggak ada yang drama, ini penting banget. Workmate yang drama adalah ujian tiada terkira.

Atasan?
Dari hari pertama masuk kerja, atasan aku ini emang keliatan supel. Hari pertama itu aku lagi mau flu jadi agak pilek, ketimbang nyuruh aku orientasi office malah nyuruh pulang sama dikasih UC 1000. Padahal aku masih anak baru waktu itu, belum ngerjain apapun yang disuruh, tapi udah diperhatiin kayak bukan bawahan. Ternyata setelah 11 bulan, atasan aku ini emang baiknya paling top satu kantor. No-bossy, suka traktir, kalo ngasih kerjaan manusiawi, terus sering dibully karna bahasa Indonesianya kadang berantakan (tapi buat ukuran orang Jepang yang tinggal di Jakarta baru 3 tahun atasan aku ini udah termasuk jago). Serunya, kalo lagi diluar kantor jadi kayak temen bukan atasan.

Gajian?
Ini yang bikin ngurangin 10% itu mungkin. Lama gajiannya. Ketika anak kantor lain tanggal 23-25 udah bisa sumringah liat saldo masuk. Aku musti nunggu sehari sebelum tanggal terakhir di bulan itu, misal maret sampe 31 ya berarti 30. Kalo tanggalan sampe 35 juga mungkin 34 baru masuk rekening. Sebenernya itungannya sama, cuma karna yang lain lebih cepet aku jadi ngerasa tertekan lebih lama karna belum gajian juga. Huft. Nggak ada masalah sih selain itu, semuanya jelas diitung.

Lain-lainnya?
Enak kalo ada theme park atau prefektur dari Jepang ngasih sponsor, anak-anak tim yang disuruh nyobain ke sana, jadi ya... kerja sambil jalan-jalan. Kayak ke Universal Studios Japan pas bulan januari. He he he... business trip rasa vacation. Satu lagi, aku seneng karna ilmu semasa 4 tahun kuliah masih kepake, walopun kerjaan yang aku pegang nggak ada nyambung-nyambungnya, walopun pas meeting ama Google Japan dibikin pusing juga sama istilah-istilah pemasaran online, ditambah musti nelusurin parameter yang bentukannya kode-kode nggak jelas. Ya tapi seru bisa jalan beriringan, dapet jobdesk sesuai minat dan nggak harus ngelepas ilmu-ilmu waktu kuliah.

Ya, itu dia yang aku jalanin selama 11 bulan ini. Kalo ibarat hamil udah ngelahirin. Ngelahirin ilmu baru, pengalaman baru, kenyamanan baru. Lebih bersyukur dikasih kerjaan yang nggak bikin jenuh, yang rasanya cuma pengen cepet-cepet pulang aja dari kantor. Bersyukur aku masih dikasih motivasi besar. Future career mungkin masih ngambang ya, mau aku bawa sampe mana kerjaan ini, tapi kalo aku mau berusaha sedikit lebih keras (buat ngelancarin speaking bahasa Jepang), mungkin aku tau bakal aku bawa ke mana kerjaan ini. And until that day comes, impian aku yang lainnya bisa tercapai. Ya, aku jalanin dulu yang ini, motivasinya masih samar-samar.

Selamat puasa, man teman! 

P.S. By the way, anak-anak seumuran aku udah pada disuruh nikah belom sih?

Comments