October 27, 2016

Liburan ke Melbourne, Musim Panas Impian di Australia!

Akhir tahun biasanya jadi periode paling populer untuk liburan. Beberapa objek wisata dan pulau-pulau eksotis banyak dijadikan pilihan, nggak terkecuali yang ada di luar negeri. Soal budget dan persiapan pastinya udah direncanakan dari jauh-jauh hari. Atau mungkin, liburan dadakan?

Soal liburan, kadang ide-ide baru dan keluar dari zona nyaman itu perlu dicoba. Great things never came from comfort zone! Mungkin bisa dimulai dari pilihan destinasi liburan kali ini.



Wisata ke Australia, mungkin? Dengan musimnya yang berkebalikan dari negara-negara di belahan bumi utara. Ketika Natal dan liburan akhir tahun seringnya dihabiskan di tempat bersalju atau paling nggak udaranya dingin, beda sama benua paling kecil di dunia ini, Australia punya Natal dan Tahun Baru yang jatuh di musim panas. Jelas beda sama negara 4 musim lainnya, kan?

Negara yang disebut Negeri Wool ini juga punya hewan khas yang unik dan terkenal, koala dan kangguru. Belum lagi spesies reptilnya yang beragam, mulai dari yang berbisa hingga reptil biasa.

Ada banyak pilihan kota yang bisa dijadikan tempat untuk menghabiskan liburan selama pergantian tahun, yang artinya bisa merasakan suasana musim panas di Australia!

Dan Melbourne, bisa jadi pilihan yang luar biasa. Beberapa orang bilang cuaca di Melbourne dalam satu hari bisa berubah-ubah, bahkan dalam satu hari kita bisa mengalami empat musim sekaligus. Makanya jadi punya gelar 'a city with four seasons a day'. Menarik! Mengecek prakiraan cuaca pun bisa jadi kebiasaan rutin orang-orangnya setiap hari.

Rasanya liburan musim panas di Melbourne akan sangat menyenangkan. Dengan cuaca ekstrim dan heat wave yang melanda sepanjang musim panas, kira-kira apa yang bisa dilakukan untuk menghabiskan liburan di Melbourne? Berikut 7 hal menarik yang bisa dilakukan untuk menghabiskan musim panas di Melbourne!

1. Berburu Kuliner Asik


Menyusuri lorong-lorong jalan yang ramai di area Central Bussines Distric (CBD) jadi agenda yang nggak boleh dilewatkan. Makanan-makanan yang dijajakan di sepanjang Laneway Arcade Block bisa jadi pilihan, meskipun dijual secara kaki lima, namun variasi menunya bintang lima. Meskipun berupa gang-gang sempit, tempat ini sering dijadikan pilihan bersantap siang bagi para karyawan atau eksekutif muda.


Makanan khas Australia mulai dari spaghetti, sandwich, soup & pasta, hingga chicken salad dan berbagai makanan barat lainnya tersedia di tempat ini. Ukuran kedainya bahkan tidak lebih dari 3 x 4 meter dengan hanya menyisakan ruang untuk tempat duduk sekitar 8-10 kursi. Kalau kehabisan tempat duduk, makan sambil berdiri juga sering jadi pilihan. Meskipun berada di kawasan sentral bisnis, harga makanannya cukup rasional. 

2. Berkeliling Kota dengan Trem dan Shuttle Bus


Melbourne memiliki jaringan Trem terbesar di dunia, itulah mengapa akses / transportasi di kota ini begitu mudah. Trem City Circle cocok untuk berkeliling kota sambil menikmati bangunan-bangunan unik di Melbourne secara gratis. Tidak ketinggalan panduan wisata yang bisa didapat selama perjalanan, mengambil foto pun jadi agenda yang harus dilakukan.


Selain Trem yang ikonik, Shuttle Bus juga tersedia untuk para turis yang ingin menikmati kota Melbourne. Puas berkeliling, berhenti di Federation Square (Fed Square) untuk mengambil beberapa foto dengan pemandangan yang cantik sebagai ikon kota Melbourne.

3. Kunjungan Seni, Budaya, dan Museum


Melbourne memiliki beberapa galeri yang cantik, lengkap, dan tertata rapi, di antaranya adalah National Gallery of Victoria (NGV) yang banyak menyimpan berbagai koleksi lukisan, foto, ukiran , perhiasan, dan gambar-gambar khas Australia, terdapat pula koleksi lukisan karya seniman-seniman Aborigin dari abad ke 19. Mengunjungi galeri seni dan museum tentunya akan menambah pengetahuan dan minat terhadap seni dan budaya Australia. 


Beberapa galeri lainnya adalah Australian Centre of Moving Image (ACMI) dan Australian Centre for Contemporary Art. Tempat ini menyajikan pengetahuan sekaligus hiburan. Ada banyak games dan film yang bisa dimainkan dan ditonton. Atau, Victoria State Library yang memiliki koleksi buku luar biasa banyak, ada lebih dari 2 juta tersedia di perpustakaan dengan interior desain yang begitu indah ini.

4. Piknik di Taman Botani


Selain julukan 'a city with four seasons a day', Melbourne juga dikenal sebagai Garden City karena selalu ada taman di berbagai sudut kotanya. Salah satu taman yang memikat hati dan cocok menjadi tempat piknik adalah Royal Botanic Gardens. Luas Taman Royal Botanic mencapai 38 hektar, di dalam taman ini terdapat lebih dari 10.000 spesies tanaman dan tempat bermain untuk anak-anak.


Terdapat juga taman yang tidak kalah indahnya di seberang Royal Botanics, yaitu Shrine of Remembrance, di dalamnya terdapat tugu peringatan untuk menghargai jasa tentara yang meninggal pada Perang Dunia 1. Bangunan yang sangat artistik, bernilai sejarah, dan taman yang indah menjadi tempat favorit bagi wisatawan. Royal Botanic Gardens dan Shrine of Remembrance dapat dinikmati secara gratis.

5. Bertemu dengan Binatang Khas Australia


Berinteraksi dengan binatang khas Australia seperti platypus, koala, burung emu, tasmania devil (hewan marsupial yang terlihat seperti anjing kecil gemuk) dan wombat (marsupial berkaki pendek) bisa dilakukan di lembah Perbukitan Yarra, Healesville Sanctuary. 


Melbourne juga memiliki pulau yang penuh dengan pinguin, yaitu Phillip Island. Pulau yang menjadi salah satu rumah besar bagi kawanan 'Little Penguin' di dunia. Terdapat parade yang begitu menarik, pada saat matahari terbenam, kawanan Little Penguin akan berlari kecil dari pantai ke lubang–lubang rumah mereka di pasir. Pemandangan yang lucu ini akan menjadi pengalaman yang berharga bagi wisatawan yang datang menonton.

6. Menikmati Wisata Pantai



Pantai St. Kilda menjadi salah satu ikon kota Melbourne yang patut dikunjungi. Pantai yang paling terkenal di Victoria ini menawarkan berbagai olahraga air seperti selancar angin, berlayar, selancar layang, bersepatu roda, voli pantai, berjetski dan ski air. Berjalan kaki dan bersepeda sambil menikmati suara ombak juga bisa dilakukan dengan adanya jalur khusus yang tersedia untuk pejalan kaki dan sepeda.



Di daerah St. Kilda Beach terdapat Sunday Art Market yang menjual berbagai oleh-oleh dan merchandise khas Australia. Wisata pantai ini akan menjadi pengalaman liburan yang begitu menyenangkan dan lengkap.

7. Belanja, Belanja, dan Belanja



Bangunan-bangunan tua di Melbourne menjadikan kota ini begitu indah. Collin Street salah satunya, daerah terkenal di Melbourne ini memiliki ciri khas masing-masing. Pertama, New York daerah yang lebih modern. Gedung-gedung tinggi, kafe dan bar, serta perkantoran menjadi pemandangan yang khas. Kedua, Paris End daerah yang bisa dibilang lebih kuno terdapat bangunan-bangunan klasik namun ditempati oleh boutique-boutique yang berkelas. Bagi penggemar fashion mungkin ini akan menjadi surga.



Ada juga tempat dengan harga yang lebih terjangkau. Pasar! Seperti apa sih pasar di Melbourne? Queen Victoria Market memiliki daya tarik tersendiri. Pasar ini menawarkan keberagaman barang dan harga yang relatif murah mulai dari cenderamata, baju, sepatu, perhiasan, hingga bahan makanan seperti daging, sayur, dan buah-buahan. Pastinya cocok untuk belanja oleh-oleh!

Keindahan dan keunikan kota Melbourne menjadikan biaya hidup cukup mahal, tetapi sebagai kota modern ada banyak fasilitas umum yang dapat digunakan secara gratis, seperti air minum, akses internet, kartu pos, darana transportasi, dan sample makanan gratis di setiap kedai-kedai pinggir jalan.

Tertarik untuk merencanakan liburan ke Melbourne? Cek paket tour dari H.I.S. Travel Indonesia untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik mulai dari tiket pesawat, hotel, hingga tiket wisata.

H.I.S. Travel Indonesia adalah travel agent di Jakarta yang menyediakan berbagai fasilitas liburan, perjalanan bisnis, hingga umrah. Dan juga menyediakan paket tour pilihan seperti Magnificent Melbourne - Morning City Tour, Philips Islands - Penguins, Kangaroos Koalas, 1 Day Great Ocean Road & Rainforest Tour dan masih banyak lagi. Dengan pilihan yang banyak, merencanakan liburan juga bisa lebih mudah. Untuk detail paket tour lainnya bisa lihat di his-travel.co.id atau langsung menghubungi call center H.I.S. Travel Indonesia.



Better to see something once than to hear about it a thousand times. Sama seperti traveling, daripada hanya mendengar dari orang lain, yuk coba rasakan sendiri traveling kamu!

Sumber Gambar :
flinderslandingapartments.com.au
travel.detik.com
listsurge.com
meandmoments.com
klausandfritz.com
coolerinsights.com
ccconferences.com.au
visitmelbourne.com
architectureau.com
blog.his-travel.co.id
australiatraveldirectory.com
heraldsun.com.au
tripadvisor.com.au
www.collinsstreet.com.au
expedia.com

0 komentar: