September 23, 2015

What If - Morra Quatro : "Seandainya jalan menujumu selalu terbentang"




What If hadir siang itu. Terima kasih Kak, tanda tangan dan kutipannya! Awalnya mau nunda baca karna ada event, tapi ternyata pesona cover dengan gambar toples itu bikin aku buka halaman pertama, terus, prolog, terus, terus… sampai tamat. Dah, kemudian ninggalin event. Hahahahaha.

Kenapa sih, kenapa, kenapa coba tiap munculnya novel baru Kak Morra, selalu aja, pas. Nggak mau sok-sok menyamakan, sih, tapi entah kenapa, pas aja, gitu. Waktu Notasi, kan, aku lagi di masa-masa aktif organisasi, himpunan, kepanitiaan, sampe lelah. Kali ini masanya aku lagi praktek ngajar. Kamila banget, gitu. Hahahaha.

Kisah ini tentang Kamila, Jupiter, dan orang-orang yang ada di sekitar mereka. Finn, Anjani, Ali Akbar, Steven, atau Helena. Lagi, ih, karakter buatan Kak Morra selalu terlihat nyata, ada, dan bisa ditemui di kampus, di ruang-ruang kelas, ruang-ruang BEM, kantin kampus, dan sekitarnya.


Yang paling aku suka,
Jupiter. Piter ini mampu menarik perhatian sejak awal kemunculannya. Tipikal mahasiswa yang nggak peduli akademik, iseng, ceplas-ceplos, jarang mandi. Mungkin nilai tambahnya cuma cakep—dan mata cokelat itu bagi Kamila. Jadi rasanya Piter ini salah jurusan, kali. Atau emang anaknya udah begitu setting-nya. Tapi kalo soal gombal, udah dapet sertifikat, kali. Dan, soal usaha, patut banget dikasih jempol. Ini anak emang pantang mundur, atau batu.

Terus, Kamila. Tipikal mahasiswa teratur, serius, aktif. Nggak asik, kali. Tapi bagi Piter, ia selalu terlihat indah dan menyenangkan. Perjuangan Kamila atas apa-apa yang ada dihidupnya bener-bener tangguh. Perempuan strong. Walau…

"Aku anal."
"I like that."
Kamila memutar bola mata. Piter tersenyum diam-diam, "Mau anal kek, mau oral kek,"

Sebaris kelakuan si Piter. Tipikal mahasiswa tukang nonton anal, oral… diajak serius, malah bercanda. Kan gemesin.

Ada juga pasangan Finn dan Anjani. Steven, Helena, dan… Ali Akbar, mahasiswa yang udah pasti ngeselin banget. Nggak, nggak banget, deh. Ini akunya aja yang emang nggak suka karakter kayak dia. Trauma, kayak ketua kelompok KKN semester lalu. Lah, curhat.

What If ini pelik buat orang-orang yang kisah cintanya kayak mereka; Piter dan Kamila. Finn dan Anjani. Semacam ditampar, disodorin kenyataan, dipaksa sadar. Berbeda mungkin terasa menyenangkan dalam beberapa hubungan, tapi bukan di hubungan kayak Piter dan Kamila ini. Jadi semacam ngapain sih dijalanin, kalo ujungnya udah jelas gimana…

Dan, bener, kan. Ending What If begitu. Walaupun rasanya mau protes, tapi emang gitu kenyataannya. Aku suka setiap ending yang Kak Morra buat, nggak bikin hati menghangat, yang ada malah mencelos, tapi realistis. Itulah yang bakal terjadi di kehidupan. Karna hidup nggak melulu sesuai apa yang kita mau.

Ditunggu Edgar-nya Kak. Dan, William Hakim masih tetep nomor satu, sih. Meski dalam sebulan ke depan aku masih bakal ungkit Piter terus. Aku juga suka Piter yang pede mampus itu. Hehehehe.

P.S. Kak Morra, aku penasaran sama kampusnya Kamila. Itu, familiar banget daerahnya. Rasanya mau nebak, tapi nggak yakin. :P

September 7, 2015

Semester Tujuh?

Semester baru. Semester tujuh. Nggak tau harus bangga atau gimana…
Perasaan baru kemaren MPA, eh tau-tau sekarang udah mulai praktek jadi guru di SMA. Ihik—sensei. Cocok juga enggak jadi sensei… ukuran badan aja masih gedean muridnya. Agak-agak ngeri masuk kelas, tapi mau gimana, kan?

Bulan kemaren habis KKN, taulah—kuliah kerja nongkrong…nyata. Awalnya sih kepencet masukin kode KKN di KRS semester lalu, tapi yaudah lah, biar nggak ada tuntutan apa-apa lagi semester akhir nanti. Masalahnya, KKN (katanya) termasuk syarat kelulusan. Oh, oke.

Tapi, KKN asik ih. Seriusan asik. Gimana ya… hidup di tempat baru, bareng sama orang baru, dalam waktu sebulan itu nggak mudah. Lah, aku aja udah ngambek tau berapa kali waktu KKN. Udah minta pulang berapa kali. Tapi kerennya aku, bisa bertahan sebulan penuh. Rasanya… kayak challenge accepted. Hahahaha. Padahal cuma nggak mau dibilang cupu sama Cinta sama Afif. Makasih loh gengs!

Awalnya, sih, ada aja orang-orang yang bikin kesel. Aku udah jadi ter-paling sering baper di kelompok. Pasti pada males, ya, sekelompok sama aku. Hahahaha. Tapi lewat seminggu udah seru banget. Udah bocor banget anak-anaknya.

Ah, cerita KKN nanti di next post aja—entar—nggak tau kapan. Tapi, Alhamdulillah. LAPORAN KKN UDAH KELAAAR. Kebut banget ngerjain laporan cuma tiga jam waktu hari jumat. Habis itu observasi ke SMA. Dilanjut berangkat ke puncak latihan teater. Setdah, hari jumat kemaren hari paling hectic.

Dan, malem ini baru pulang dari latihan teater. Dua hari latihan di puncak abis-abisan banget karna ngejar ketinggalan selama sebulan KKN. Akhirnya… lumayan hasilnya. Sisa empat belas minggu lagi sampe pementasan utama bulan Desember. Emang, sih, capek. Makan waktu, makan tenaga. Tapi nggak ngerti kenapa, seneng aja latihan lagi. Seneng bisa kerjasama. Seneng bisa liat anggota lain semangat. Semangat kayaknya ada terus-terusan. Semoga aku bisa semangat latihan kayak gini sampe Desember nanti. Moga Rika kuat!

Ditambah lagi. Semester ini musti mulai fokus sama… skripsi. Skrip-si. Dan, musti udah pegang N2. En-dua. En—dua.


Dah ah, dah malem. Ayo bobok. Besok musti ikut upacara di SMA. Kan… udah mau jadi sen-seiya!