January 31, 2013

UDO 2013


Hooop! Aku mau cerita tentang UDO 2013 kemaren. UDO itu singkatan dari University Day Out—ya sepele penjelasannya. Penjelasan lebih panjang buka di sini. Aku udah tau UDO dari tahun-tahun sebelumnya, tahun lalu pas UDO 2012 aku ikutan, tapi masih jadi pengunjung, dan tahun ini aku jadi penjaga standnya. Stand Universitas Negeri Jakarta, yohooo!

Aku gabung di IKMB UNJ—Ikatan Keluarga Mahasiswa Banten. Yah begitulah, sejenis wadah untuk mahasiswa/mahasiswi Banten yang kuliah di UNJ. Terus akhirnya aku ikutan UDO. Ada rasa bahagia pas kita bisa kasih semangat dan motivasi buat adik-adik kelas. Berbagi pengalaman waktu mau UN dan SNMPTN, cerita tentang pilihan hidup, bicara tentang keyakinan, banyak deh dan aku suka.

Tahun lalu aku yang kebingungan tentang masuk kuliah, dll. Tapi tahun ini aku yang ditanya-tanya soal itu. Aku seneng bisa berbagi, bentuknya emang bukan materi, cuma titipan semangat buat mereka-mereka yang tahun ini mau UN dan tes-tes perguruan tinggi lainnya. Aku males jelasin jalur masuknya di sini. Info lebih lengkap bisa follow beberapa akun twitter ini: @info_SNMPTN, @KampusUNJ, atau @Humas_UNJ. Dan masih banyak akun-akun kampus lain yang jelasin jalur-jalur masuknya. Enak ya zaman sekarang semuanya serba cepet, buta info tinggal klik ini klik itu, apalagi mulai adanya twitter, lancar jaya deh dapet info-infonya. Dulu juga aku banyak dapet bantuan dan info dari akun-akun di twitter.

Dan nggak lupa ya! UDO itu ajang reunian hahaha, nggak cuma buat penyelenggara acara—panitianya, pengunjungnya juga ikutan reunian—kayak aku dulu. Kemaren aku bisa ketemu banyak temen-temen SMA, bahkan SMP. Saling sapa satu sama lain. Rasanya seneng aja. Hiruk-pikuk tapi hangat, ini apa banget hahaha.

Dan tak lupa poto-poto :P





Habis UDO itu ada acara roadshow ke SMA-SMA di Banten. Pertama kalinya aku harus ngomong di depan kelas dan kelasnya itu bukan kelas aku, kelas orang lain, kelas yang isinya anak-anak SMA kelas 3. Kalo aku mesti bilang wow, aku pasti bilang. Rasanya itu… lucu. Sekalian belajar jadi guru juga sih, aku kan kuliah basicnya juga pendidikan, masa ngomong di depan kelas masih kaku aja, entar dibilang cupu.

Aku kasih banyak motivasi ke anak-anak SMA kelas 3. Cerita gimana rasanya waktu aku ada di posisi kayak mereka tahun lalu. Bagi-bagi informasi jalur masuk, info kampus, dll. Seru-seru-seruuu! Ada perasaan lega waktu mereka mau dengerin aku ngomong di depan. Ternyata, aku didengar! Hahaha.

Sebenernya sekarang masih ada roadshow ke SMA-SMA, cuma aku nggak bisa ikutan. Sayang, ya. Ya udah lah nggak apa-apa. Udah ah, oh ya buat kalian anak-anak SMA kelas 3, semangat ya UN nya, semoga dilancarkan segalanya #YouKnowWhatIMean hahaha dan semoga masuk PTN yang kalian mau-pake-banget. Kalo nggak mau PTN juga nggak masalah, suksesnya seseorang itu nggak diukur dari sekedar PTN, tapi tergantung orang itu sendiri. Di mana pun kalian selepas SMA, that’s your way! Your success way! Semangat ya!

Di SMA aku, SMAN 1 Cilegon


0 komentar: