January 31, 2013

UDO 2013


Hooop! Aku mau cerita tentang UDO 2013 kemaren. UDO itu singkatan dari University Day Out—ya sepele penjelasannya. Penjelasan lebih panjang buka di sini. Aku udah tau UDO dari tahun-tahun sebelumnya, tahun lalu pas UDO 2012 aku ikutan, tapi masih jadi pengunjung, dan tahun ini aku jadi penjaga standnya. Stand Universitas Negeri Jakarta, yohooo!

Aku gabung di IKMB UNJ—Ikatan Keluarga Mahasiswa Banten. Yah begitulah, sejenis wadah untuk mahasiswa/mahasiswi Banten yang kuliah di UNJ. Terus akhirnya aku ikutan UDO. Ada rasa bahagia pas kita bisa kasih semangat dan motivasi buat adik-adik kelas. Berbagi pengalaman waktu mau UN dan SNMPTN, cerita tentang pilihan hidup, bicara tentang keyakinan, banyak deh dan aku suka.

Tahun lalu aku yang kebingungan tentang masuk kuliah, dll. Tapi tahun ini aku yang ditanya-tanya soal itu. Aku seneng bisa berbagi, bentuknya emang bukan materi, cuma titipan semangat buat mereka-mereka yang tahun ini mau UN dan tes-tes perguruan tinggi lainnya. Aku males jelasin jalur masuknya di sini. Info lebih lengkap bisa follow beberapa akun twitter ini: @info_SNMPTN, @KampusUNJ, atau @Humas_UNJ. Dan masih banyak akun-akun kampus lain yang jelasin jalur-jalur masuknya. Enak ya zaman sekarang semuanya serba cepet, buta info tinggal klik ini klik itu, apalagi mulai adanya twitter, lancar jaya deh dapet info-infonya. Dulu juga aku banyak dapet bantuan dan info dari akun-akun di twitter.

Dan nggak lupa ya! UDO itu ajang reunian hahaha, nggak cuma buat penyelenggara acara—panitianya, pengunjungnya juga ikutan reunian—kayak aku dulu. Kemaren aku bisa ketemu banyak temen-temen SMA, bahkan SMP. Saling sapa satu sama lain. Rasanya seneng aja. Hiruk-pikuk tapi hangat, ini apa banget hahaha.

Dan tak lupa poto-poto :P





Habis UDO itu ada acara roadshow ke SMA-SMA di Banten. Pertama kalinya aku harus ngomong di depan kelas dan kelasnya itu bukan kelas aku, kelas orang lain, kelas yang isinya anak-anak SMA kelas 3. Kalo aku mesti bilang wow, aku pasti bilang. Rasanya itu… lucu. Sekalian belajar jadi guru juga sih, aku kan kuliah basicnya juga pendidikan, masa ngomong di depan kelas masih kaku aja, entar dibilang cupu.

Aku kasih banyak motivasi ke anak-anak SMA kelas 3. Cerita gimana rasanya waktu aku ada di posisi kayak mereka tahun lalu. Bagi-bagi informasi jalur masuk, info kampus, dll. Seru-seru-seruuu! Ada perasaan lega waktu mereka mau dengerin aku ngomong di depan. Ternyata, aku didengar! Hahaha.

Sebenernya sekarang masih ada roadshow ke SMA-SMA, cuma aku nggak bisa ikutan. Sayang, ya. Ya udah lah nggak apa-apa. Udah ah, oh ya buat kalian anak-anak SMA kelas 3, semangat ya UN nya, semoga dilancarkan segalanya #YouKnowWhatIMean hahaha dan semoga masuk PTN yang kalian mau-pake-banget. Kalo nggak mau PTN juga nggak masalah, suksesnya seseorang itu nggak diukur dari sekedar PTN, tapi tergantung orang itu sendiri. Di mana pun kalian selepas SMA, that’s your way! Your success way! Semangat ya!

Di SMA aku, SMAN 1 Cilegon


January 29, 2013

KIRORO - Mirai E



KIRORO - 未来へ
KIRORO - Mirai e
KIRORO - Menuju Masa Depan


ほら足元を見てごらん
これがあなたの歩む道
ほら前を見てごらん
あれがあなたの未来
Hora ashimoto wo mitegoran
Kore ga anata no ayumu michi
Hora mae wo mitegoran
Are ga anata no mirai
Ayo lihatlah langkah kakimu
Itulah jalan kehidupanmu
Ayo lihatlah pula ke depan
Di sanalah masa depanmu

母がくれた たくさんの優しさ
愛を抱いて 歩めと繰り返した
あの時はまだ 幼くて 意味など知らない
そんなわたしの手を握り 一緒に歩んできた
Haha ga kureta takusan no yasashisa
Ai wo idaite ayume to kurikaeshita
Ano toki wa mada osanakute imi nado shiranai
Sonna watashi no te wo nigiri issho ni ayunde kita
Begitu banyak kasih sayang yang diberikan Bunda
Dengan kasih sayang Bunda aku dapat mengerti kehidupan yang silih berganti
Saat itu aku masih terlalu kecil, belum mengerti arti semua itu
Bunda yang selalu membimbingku untuk menuju masa depanku

夢はいつも 空高くあるから
届かなくて 怖いね だけど追い続けるの
Yume wa itsumo sora takaku aru kara
Todokanakute kowai ne dakedo oitsudzukeru no
Cita-cita yang selalu tinggi di atas langit
Bila tak tercapai memang menyedihkan, tapi jangan takut tetaplah melangkah meraih cita-cita

自分のストーリー だからこそ 諦めたくない
不安になると手を握り 一緒に歩んできた
Jibun no SUTOORII dakara koso akirametakunai
Fuan ni naru to te wo nigiri issho ni ayunde kita
Tentukan cerita hidupmu sendiri, janganlah putus asa
Jangan cemas dan jangan takut, Bunda akan menemani setiap langkahmu

その優しさを時には嫌がり
離れた 母へ素直になれず
Sono yasashisa wo toki ni wa iyagari
Hanareta haha e sunao ni narezu
Dulu aku selalu membenci kasih sayang itu
Sekarang jauh terpisah dari Bunda baru kusadari segalanya

ほら足元を見てごらん
これがあなたの歩む道
ほら前を見てごらん
あれがあなたの未来
Hora ashimoto wo mitegoran
Kore ga anata no ayumu michi
Hora mae wo mitegoran
Are ga anata no mirai
Ayo lihatlah langkah kakimu
Itulah jalan kehidupanmu
Ayo lihatlah pula ke depan
Di sanalah masa depanmu

その優しさを時には嫌がり
離れた 母へ素直になれず
Sono yasashisa wo toki ni wa iyagari
Hanareta haha e sunao ni narezu
Dulu aku selalu membenci kasih sayang itu
Sekarang jauh terpisah dari Bunda baru kusadari segalanya

ほら足元を見てごらん
これがあなたの歩む道
ほら前を見てごらん
あれがあなたの未来
Hora ashimoto wo mitegoran
Kore ga anata no ayumu michi
Hora mae wo mitegoran
Are ga anata no mirai
Ayo lihatlah langkah kakimu
Itulah jalan kehidupanmu
Ayo lihatlah pula ke depan
Di sanalah masa depanmu

ほら足元を見てごらん
これがあなたの歩む道
ほら前を見てごらん
あれがあなたの未来
Hora ashimoto wo mitegoran
Kore ga anata no ayumu michi
Hora mae wo mitegoran
Are ga anata no mirai
Ayo lihatlah langkah kakimu
Itulah jalan kehidupanmu
Ayo lihatlah pula ke depan
Di sanalah masa depanmu

未来へ向かって
ゆっくりと 歩いてゆこ
Mirai e mukatte
Yukkuri to aruite yukou
Jemputlah masa depanmu
Perlahan namun pasti



KANJI : Lyrics Wiki
ROOMAJI : @rikananami
Translate : @rikananami

January 28, 2013

Waktu Aku Sama Mirza



Kita ketemu lagi. Mesti selang tiga bulan kita baru bisa ketemu. Lama sih, tapi nggak apa-apa selama kita masih bisa ketemu. Waktu itu aku juga bilang gitu.

Selama ini ada banyak hal di hubungan kita. Masalah, salah paham, beda pemikiran, ego, dll. Dari yang sepele sampe yang... Agak berat. Dari termaafkan sampe menyerah. Aku nggak ngerti, tapi aku percaya.


Jarak itu berpengaruh. Tapi sejauh ini aku yakin. Pembuktiannya cuma pas ketemuan, disaat kita jauh, semua hal yang manis pun jadi pahit. Entah—tapi aku sayang kamu, masih sayang sama kamu.


Kamu pulang tanggal 17 Januari kemarin, hari kamis itu hari ternyebelin buat aku. Aku nggak bisa jemput kamu di stasiun. Tapi untungnya kita masih bisa ketemu (19/1). Aku ke rumah kamu, ketemu sama ibu, ayah, kakak, dan kamu. Seneng-pake-banget. Walaupun cuma sehari tapi aku seneng. Tadinya sih aku ragu mau ketemu kamu, aku takut. Tapi berubah waktu aku liat kamu secara nyata, aku kangen kamu, kangen beneran sama kamu. Malemnya kamu anterin aku ke kostan. Lucu. Aku seneng. Kita makan nasi goreng berdua. Aku suka makan sama kamu. Aku suka ngapain aja sama kamu. Besoknya aku ada acara—UDO 2013. Maaf belum bisa spend time together lebih lama. Aku masih kangen kamu!



(24/1) Kita ketemu lagi. Aku seneng bisa ngobrol lebih lama sama kamu. Lebih deket sama kamu. Aku suka. Ada banyak hal yang kamu ceritain. Ada banyak hal yang kita lakuin berdua. Ada banyak banget. Cuma bisa diungkapin lewat perasaan aku—perasaan yang bahagia. Oh ya! Nanti main Jankenpon lagi ya! Ihihihi. Sama main ayam-ayam-an, sama tekuk-tekuk jari aku lagi, terus... Semuanya!



Kemarin lusa (25/1) kita jalan. Kita nonton—itu pertama kalinya kita nonton berdua. Nonton Mika, film yang diangkat dari novel Waktu Aku Sama Mika. Aku inget, novel itu aku bawain buat kamu waktu kamu dirawat setahun yang lalu. Dan sekarang novel itu dibikin film, terus aku nontonnya sama kamu. Seneng banget.


Aku suka nonton sama kamu, filmnya bagus, kamu suka sama backsoundnya
—yang teriak-teriak gitu, kalo aku suka semuanya, walaupun filmnya beda jauh sama imajinasi aku waktu baca novelnya. Kita buang waktu banyak buat nonton ya—yang harusnya bisa buat jalan lebih lama lagi. Yup, waktu kita sempit, jarak kita jauh. Aku menghargai setiap detiknya kalo lagi sama kamu. Aku suka kalo bisa lebih lama deket sama kamu.

Habis nonton kita makan. Kamu ajak aku makan seafood, padahal aku nggak suka seafood, tapi aku tetep seneng. Aku seneng kalo lagi sama kamu. Jangan tanya kenapa atau apa alasannya, soalnya aku nggak akan pernah bisa jawab. Jawabannya cuma bisa diliat dari senyuman aku :P


Terus kita pulang, tapi aku mau es krim. Kamu berenti di indomart biar aku bisa beli es krim. Makasih ya, sayang. Walaupun akhirnya aku nggak makan es krimnya :P



Time flies, cepet banget. Aku harus pulang ke rumah. Dan… lagi-lagi karena jarak. Padahal kita belum bikin edisi baru. Ffuu! Take care, semoga masih banyak kesempatan buat kita. Amin.



Kak Indi, aku pinjem judul novelnya ya, diubah dikit. Tapi aku nggak pernah mau jalannya bakal sama kayak novel kak Indi. Aku punya cerita sendiri. Punya akhir sendiri—yang aku juga belum tau apa akhirnya. Yang jelas aku mau segalanya baik-baik aja. Aku cuma bisa berdoa. Dan aku titip pesen sama kamu. Tolong dijaga, aku mohon. Aku juga bakal jagain sebisa aku.



I'll love you for a thousand more...

January 22, 2013

Banjir Jakarta


Baaa! Hahaha jadi ceritanya selepas UAS kemarin aku udah libur tapi memperbanyak acara :P beneran kok. Emang ada beberapa keperluan/event yang harus aku datengin atau urusin. Kayak nonton ke Japan Foundation, UDO 2013, ketemu PA, dan ketemu dia, uhuk!

TAPI! Pas aku dateng ke Jakarta (tanggal 17 Januari)—setelah liburan sebentar di rumah, aku malah disambut sama banjir Jakarta. Sedih-pake-banget. Batal ketemu, batal nonton ke Japan Foundation, pokoknya hari itu… hari ter-agis! Akhirnya aku maksain keluar kostan pas ujan mulai reda dikit, rela-relain keluar kostan sama Tika cuma buat makan ke Arion, dan… Arion dikepung banjir. Parah! Tapi ada konyolnya pas lagi kebingungan gimana caranya masuk Arion tanpa kena banjir yang tepat di pintu masuknya. Ceritanya waktu itu ada mobil mogok, yang bawa cowok, kece, hahaha. Aku sama Tika ada di depan mobil mogok itu, mobilnya di tengah jalan banget, tanpa dosa tuh cowok malah duduk di dalem mobil sambil main bb-nya. Kita berdiri lama, ragu mau nerobos banjir, bodohnya waktu itu kita malah pake sepatu kets, kalo crocs sih iya-iya aja, kan anti air. Nah! Macetlah di depan Arion gara-gara banjir plus mobil mogok itu, aku sama Tika masih berdiri kebingungan masuk ke Arion gimana. Dan! Beberapa orang yang lewat, mulai dari anak sekolah, bapak-bapak, om-om, ibu-ibu, mbak-mbak ngeliatin kita berdua dengan ekspresi kasihan. Elaaah! Itu bukan mobil gueh! Malu sih, tapi aku sama Tika cuma ketawa-ketawa. Walau akhirnya kita terobos banjir demi MAKAN. Kasihan, tapi itu kenyataan. Sampe Arion sepau kita basah dan agak risih kalo jalan-jalan pake sepatu basah. Akhirnya kita beli sepatu karet kembaran :P

Nih!
Di depan Mall Arion
Di depan gerbang mau keluar kostan penuh (kostan sih aman, tapi ga bisa keluar)
Sepatu anti air
Akhirnya makan
Aku sama Tika
Terus kita di Arion sampe malem, nunggu air banjirnya surut. Mayan, ngabisin duit. Efeknya kita sama-sama keabisan duit dan terpaksa pulang. Sekian. Sehari setelah itu Mama nyuruh aku pulang, kata Mama, “Cepetan pulang, nanti kamu hanyut.” Hm, mak aku bukan kecebong, aku nggak akan hanyut~

Sedih banget liat berita di mana-mana tentang banjir Jakarta. Emang parah banget sih, seakan-akan Jakarta dikepung banjir. Banjirnya nggak kenal daerah, dari kawasan kumuh sampe kawasan elite-pun kena. Satu Jakarta rata sama air cokelat. Bahkan kampus aku… juga kena!

Tanggal 17 itu kelabu banget deh. Dari dini hari sampe malem, bahkan sampe besoknya lagi hujan nggak reda-reda. Jelaslah pasti banjir di mana-mana. Mau nyalahin siapa coba kalo udah begitu, masyarakatnya juga yang masih bandel. Buang sampah sembarangan, bangun gedung di mana-mana, dll.

Banjir Jakarta kemaren beneran rugi banyak deh. Dari materi, waktu, tenaga, semuanya. Akses kendaraan juga terbatas, parah. Aku baru nyampe Jakarta malah dikepung banjir. Sedih. Semoga banjir Jakarta bisa diatasi secepetnya, semoga solusi-solusi nya berhasil, semoga Jakarta bisa lebih baik! #PrayForJakarta

Dan… ini curhat. Aku gagal jemput dia di stasiun. Padahal… udah diniatin banget. Tau-tau gagal. Ya udah nggak apa-apa. Dan! Ada cerita tentang dia, uhuk! Di postingan habis ini aja ah. Sekalian mau nulis tentang UDO 2013 plus roadshow ke SMA-SMA di Banten. Wohooo! Sekarang mau siap-siap liat KHS dulu. Ah, IP pertama. Bismillah!