Jiyuu Matsuri (JIMAT) 2012

Otsukaresamadeshita!
Ah rasanya… rasanya… rasanya nggak nyangka. Takjub. Ini emang bukan pertama kalinya ikut kepanitiaan. Tapi kali ini bener-bener terasa banget.

Di postingan sebelumnya kan aku udah nulis info soal Jiyuu Matsuri 2012. Itu adalah event tahunan jurusan Bahasa Jepang UNJ. Kebetulan dua tahun sebelumnya aku selalu dateng ke event ini dan nggak nyangka tahun ini malah jadi volunteer acaranya.

Ini Jiyuu Matsuri 2010 (paling berkesan, paling wow, dan paling badai—menurut aku)
Ini Jiyuu Matsuri 2011 (paling menyakitkan buat aku—masalah pribadi. Cuma bentar nih, itu pun nggak jelas cuma mondar-mandir nemenin Astri cosplay)

Ini Jiyuu Matsuri 2012 (venue yang baru—yang katanya pengunjung nggak nyaman, dan aku selalu stand by di stand tanzaku nawarin tanzaku ke orang-orang, huahaha)

Dua tahun berturut-turut jadi pengunjung, tahun ini jadi yang ngurus acaranya. Aku emang nggak terlibat terlalu banyak, aku volunteer divisi danus. Entah kenapa aku selalu kebagian yang duit-duitan. Dulu waktu ada event sejenis (tapi lebih kecil acaranya) aku jadi sponsorship. Tapi oke banget lah masuk divisi ini. Aku nggak suka jualan, serius, lebih tepatnya nggak bisa jualan. Tapi entah kenapa aku fun-fun aja waktu dapet jobdesk jaga stand di event ini.

Ada banyak cerita selama acara kemaren. Suka, duka, luka, dll. Tapi lebih banyak sukanya—maybe. Emang sih capek, capek-pake-banget aku tekenin tuh. Mondar-mandir sana-sini, aku malah beruntung disuruh jaga stand, dibanding aku harus lari-lari ngejar peserta lomba ini-itu. Atau divisi HPD yang lari sana-sini motret ini-itu. Tapi aku yakin semua divisi juga capek. Yang penting niatnya aja sih. Aku dikasih peringatan berkali-kali, kalo aku di sini sebagai pembuat acara, bukan sebagai penikmat acara. Jadi, aku nggak boleh leye-leye kayak dateng ke event biasanya :P

Bangga. Walaupun banyak hambatan (spot yang nggak nyaman—banyak pengunjung yang bilang begini, hujan, dll.) tapi selebihnya aku bangga dan puas. Secara keseluruhan event ini lancar, dibilang sukses juga iya. Yang lebih pentingnya aku dapet banyak pengalaman dan pelajaran dari event ini. Tahun ini aku masih jadi volunteer, mungkin tahun depan aku jadi panitia. Aku capek, tapi aku puas :P

Jobdesk aku kan jaga stand tanzaku. Apa itu tanzaku? Itu lho, sejenis kartu harapan, terus digantungin ke pohon. Di Jepang namanya Tanabata. Sumpaaaah ya aku seneng banget pas disuruh jaga stand itu (ehem ini karna ada pengalaman paling wow di tahun sebelumnya ehem karna tanzaku di tempat yang sama ehem). Aku jualan loh, bayangin aku jualan. Aku seneng banget kalo ada yang beli, tapi kalo udah ditawarin terus dia nolak, aku bete. Aku emang bukan penjual profesional, ya.

Ini pohon bambu buat gantungin tanzaku pengunjung.
Ini sama temen-temen aku sesama penjaga stand tanzaku. Tanzaku nya kakaaaa~ :P
Ada yang seru. Waktu aku lagi jaga, ada dua orang Jepang, dia ngeliatin pohon-pohon bambu buatan yang udah digantungin beberapa tanzaku dari pengunjung. Eh si orang Jepang ini tertarik, dia ke stand aku, ngomong pake bahasa Jepang, aku bingung. Mereka juga bingung soalnya ada Tanabata pas bulan November, hahaha. Ada senpai juga, mereka juga bingung. Cuma kita tau maksud mereka mau nulis tanzaku juga. Terus kita suruh mereka pilih aja kertasnya, mereka ngambil uang, mereka bayar ke kita. Yang satu ngeluarin uang seribuan, langsung kita terima sambil bilang ‘arigatou gozaimasu’, nah yang satu lagi bingung soalnya uang dia dua ribuan. Aku keluarin uang seribuan yang di kasih tadi, dia langsung senyum ngerti. Kembalian namanya :P

Mereka nulis pake kanji, aku sama senpai nebak-nebak apa yang dia tulis, dia nunjukin kertasnya. Kita nebak pertama kali, “Sekai?” dia jawab langsung, “Hoo sugoi.” Wahahaha dibilang hebat, bo! Akhirnya dia kasih tau, dia nulis “Sekai Heiwa”. Terus dia gantungin kertasnya. Habis itu mereka minta foto bareng, yeay gueh-diajak-foto-sama-bule-Jepang gitu :P (sayang fotonya ada di mereka dan kayaknya ada juga di HPD, nanti kalo udah ada langsung aku masukin ah)

Ini mereka lagi nulis. Aku fotoin.

Foto-foto yang lainnya mungkin bakal muncul di facebook. Aku nggak foto sana-sini kayak biasanya soalnya aku kan pembuat acara bukan penikmat acara. Yey! Akhirnya Jiyuu Matsuri 2012 kelar. Tunggu Jiyuu Matsuri 2013 yaaaa!

Comments