September 2, 2012

MPA 2012, Ospeknya UNJ


Dan akhirnya, sempet juga posting lagi. Ahahahah! Ini alasannya apa saya juga kurang ngerti. Tapi ya, selama di kostan, saya nggak pernah bisa nulis. Sedih? Ya. Banget.

Banyak cerita, serius, banyak banget, tapi susah diungkapin, soalnya kebanggaan itu adanya di dalem hati. Dan kalo semuanya ditulis di sini, kepanjangan pasti. Kemaren abis ospek. Capek, ribet, kurang kerjaan, tapi juga banyak dapet pengalaman, motivasi, dll. Intinya sih, so far so good.

Opening MPA 2012
Penyematan Almamater dan Pin
credit: Website UNJ

Mulai ospek hari pertama, hari senin kemaren. Acara OPENING MPA 2012—nama lain ospeknya UNJ. Tempatnya di Stadion Velodrome Rawamangun. Di situ acaranya lumayan, semua maba baris per-fakultas. Warna-warni dari ujung ke ujung. Biru, merah muda, hijau, putih, merah, magenta, sama ungu. Rame sih, rangkaian acaranya termasuk keren. Jadi istimewa, hahaha.

Dan yang paling saya inget dari hari pertama itu waktu semuanya disuruh liat ke atas langit, disuruh inget pencapaian terbesar yang pernah kita raih, disuruh inget kegagalan apa yang pernah kita terima. Dan sayapun nangis. Tahun 2012 ini emang banyak banget hal-hal yang saya rasain. Mulai dari rasanya bangga, jatoh, jatoh banget, sampe akhirnya bangga lagi.

Terus hari kedua, hari selasa. Itu ospek fakultas. Jadi per-fakultas dipisah-pisah. Fakultas saya Bahasa dan Seni. Buat saya, ini fakultas saya banget. Nggak tau kenapa, kayanya feelnya udah nyangkut banget. Dari segi apapun juga Bahasa dan Seni itu paling komplit menurut saya.

Dan di hari kedua ini saya dapet banyak motivasi dari banyak orang. Terutama dari salah satu alumni UNJ pokoknya. Kalo ada pilpres lagi, semoga dia bisa masuk jajaran calon presiden Indonesia. Saya bakal dukung dia. Pengalaman dia banyak, dia orang yang sukses. Kalo saya bilang ya, dia itu pembela rakyat tertindas, yah taulah yang mana maksud rakyat tertindas itu.
Ada satu sesi yang datengin anak-anak kecil dari sebuah yayasan gitu dan saya nangis lagi, pas mereka mulai nyanyi Ambilkan Bulan tau-tau saya nangis sambil nahan-nahan tapi nggak bisa. Akhirnya nangis aja deh bodo amat. Rasanya haru liat mereka ceria gitu, nyayi, ketawa. Suka deh!

Hari rabu, ospek fakultas part II. Saya nggak ikutan, libur sih statusnya. Tapi karna saya maba Bahasa Jepang, saya ada jadwal Fukushu—tes gitu, jadi saya nggak libur, tetep ke kampus dan tes baca. Pulangnya ke Artha Gading nganterin temen beli roti bacot (read: bread talk), dan lagi-lagi-lagi saya benci Jakarta, macetnya parah.

Hari kamis, ospek jurusan. Sayaaaa! Maba Bahasa Jepang. Disini kostumnya ala-ala Jepang gitu. Pake hakama buatan tangan, ikat kepala macem penjual takoyaki, terus nametag dorami (yang laki-laki pake doraemon). Ini ya… oh jadi ini yang selama ini saya mau. Jurusan yang pas, yang cocok, yang saya suka, yang tanpa beban, yang saya bahagia kalo liat semuanya. Tariannya, musiknya, budayanya, semuanya. Secara total, saya seneng. Partisipasi di BEM Jurusan, wajib! Panitia Matsurinya, wajib! Selipan deh satu, ketua BEM Jurusannya enak diliat. Huahahaha.

Ini nih pas nampilin yel-yel kelompok. Saya kelompok 5. Temen sekelompok saya terhitung asik jadi ya betah.
Hari jumat, istirahat lagi deh. Soalnya bagian ospek jurusan part II. Tapi tetep deh saya harus ke kampus. Maba Jepang ini terlalu rajin atau gimana. Jadi ceritanya ada Fukushu lagi, tes baca kali ini. Abis tes, ada jadwal ketemu dosen PA juga. Ngurusin KRS, mata kuliah, jadwal kuliah, SKS, macem-macemlah. Saya dapet kelas C, kelas anak mandiri. Pemilihan ketua kelas, sekretaris, sama bendahara. Haha nggak ada bedanya sama pas sekolah. Kesan pertama dari temen-temen sekelas adalah… oke cukup gokil.

Hari sabtu, CLOSING MPA 2012. Akhirnya penutupan juga. Acaranya di Gedung Serba Guna UNJ kampus B. Acaranya cuma pengenalan macem eskul gitu. Banyak banget dan saya bingung mau ikut apa aja. Saya nggak mau jadi kupu-kupu (read: Kuliah Pulang-Kuliah Pulang), saya mau banyakin kegiatan, lagian saya nggak bisa pulang, kostan itu bukan rumah, beda rasanya walaupun atapnya sama, lantainya sama, kasurnya sama. Saya mau aktif. Amin. Perlu di Amin-in nih, kalo nggak pasti saya males-malesan ujungnya.

Acara terakhir paling keren, dari UKM (isinya seni-seni gitu, saya lupa kepanjangannya), yang suka tari, musik, teater, atau sejenisnya masuknya kesini. Keren banget performnya. Apalagi lagu terakhirnya Heavy Rotation, dan saya ngechant! Hahaha.

Rencana sih, mau ikut pencinta anak gitu, seru aja ngadain TK keliling. Saya suka anak-anak, serius. Suatu saat nanti kalo emang ada rejeki saya mau bikin yayasan gitu. Amin.

Dan selesaaaai! Pak rektor resmi nutup acara MPA ini. Dan saya resmi jadi mahasiswa! HIDUP MAHASISWA! HIDUP RAKYAT INDONESIA! Jargon jargon gitu bikin merinding juga dengernya. Apalagi pas denger lagu Totalitas Perjuangan, langsung inget rakyat yang masih banyak nggak diurus. Jadi mahasiswa itu tanggung jawabnya besar, jadi harus bener-bener, nggak perlulah main-main, mahasiswa yang main-main doang itu cuma menuhin kuota universitas. Semoga maba-maba di seluruh Indonesia tahun ini ke depannya bisa bikin Indonesia lebih maju lagi. Amin.

Oke beres. Selesai acara langsung ke kostan, mandi, kemas-kemas seadanya, terus langsung pulang ke Cilegon. Saya kangen rumah, kangen mama, hahaha walaupun harus nyampe jam 10 malem, yang penting pulang. Dan ini saya nulis di rumah, bukan di kostan. Entah bakal sampe kapan saya nggak bisa nulis di kostan, semoga aja nggak lama lagi. Saya rindu fanfiction.

Besok senin mulai kuliah, yey! Hari pertama kuliah, ketemu dosen, lalala. Rasanya campur-campur. Sekarang mau istirahat dulu, besok berangkat pagi-pagi takut telat kuliahnya. Baybay!

0 komentar: