April 26, 2012

Masalah Flame

Saya bingung, antara pengen nangis dll. Saya emang anak yang lemah, kalo dapet kritik langsung down. Apalagi kritiknya sama sekali nggak membangun. Saya sedih dibilang b*tch, saya sedih fic yang saya bikin dibilang sampah, saya tau saya nggak pernah bisa bikin fic yang ‘waw’, saya bukan author hebat. Mungkin kalo di sejajarin sama newbie bahkan saya masih kalah.

Kemarin saya bikin fic, judulnya Treason. Tentang pengkhianatan cinta gitu, murahan banget sih emang, nggak berbobot dan ngegantung. Saya bikin fic itu karna saya lagi mood. Saya juga nggak tau kenapa saya bikin fic kaya gitu. Entahlah, kecelakaan.

Sekarang, saya mau tanya. Apa di Fanfiction.net ada peraturan tentang karakter/pair? Saya pikir nggak ada. Dan saya bebas milih karakter/pair apapun. Saya masih nggak habis pikir kenapa fic saya di hina tapi pake sudut pandang karakter, bahkan PAIR? HAHHHHH?! Saya pasang karakter sebebasnya, mau itu Sakura, Hinata, Sasuke, Neji, Gaara, Raito, Nami, Usop, Ichigo, Hermione, Edward, atau siapalah. Itu bukannya hak saya sebagai author, ya? Saya kaget dan ini pertama kalinya.

Saya akui kalo saya salah nggak kasih warning adanya bashing-chara dan salah pasang genre, saya pikir kesalahan saya cuma disitu. Isi cerita, karakter, pair, ending, dan lain-lainnya itu cuma fiksi, cuma imajinasi saya. Lagipula saya nggak pernah niat nge-bashing kalo nulis fic. Kalopun itu sad ending, semacam ditinggal mati sama pacar atau ditinggal pacar selingkuh apa itu namanya pembashingan karakter? Yang jelas, saya nggak pernah bermaksud ngebashing Hinata sama sekali. Saya minta maaf kalo faktanya saya kaya gitu.

Saya nggak habis pikir sama flamer yang tiba-tiba marah karna saya bikin fic yang karakternya SasuHina dan endingnya Hinata dikhianatin Sasuke karna lebih milih Sakura. Itu bukan berarti saya benci sama Hinata dong. Saya bisa pake Ino, Temari, Karin, atau yang lainnya juga kok, kali ini saya pake Hinata kenapa? Karna saya rasa imajinasi saya yang milih Hinata. Siapa yang bisa ngatur imajinasi? Sayapun kadang lepas kontrol kalo lagi ngayal. Murni, saya nggak benci sama Hinata, titik!

Dan yang lebih anehnya lagi. MEREKA SEMUA NYANGKUTIN MASALAH PAIRWAR ANTARA SHL DAN SSL! Saya nggak pernah terlibat disana. Saya bahkan baru tau kalo ada perang antara dua pasang pair itu. Ini aneh dan saya kebingungan karna mereka pikir saya adalah SSL yang sengaja bikin fic itu buat ngerendahin Hinata. Maaf, saya juga suka Hinata kok. Dan buat apa saya ngelakuin hal kaya gitu? Nggak ada manfaatnya.

Saya tau ada banyak fans dan haters di dunia ini. Nggak sedikit orang-orang yang freak terhadap suatu karakter, musisi, dll. Saya ngerti itu.

Tapi saya kecewa sama penghuni FFN, terutama fandom Naruto, atau lebih spesifiknya lagi kalian beberapa SasuHinaLover (saya nggak sebut 'semua' karna cuma beberapa dari mereka yang nge-flame nggak pake filter). Flame boleh, itu berguna banget, apalagi yang bisa membangun. Tapi kalo flame isinya kata-kata kotor, mending pikir dulu deh. Saya yakin kalian berpendidikan, kalian harusnya ngerti apa itu attitude.

Lagipula itu semua cuma fiksi, yang nyata itu kita, para authornya, bukan karakternya. Beneran deh, pasti saya diketawain kalo perang cuma gara-gara tokoh fiksi gitu. Dulu saya pernah, tapi sekarang saya udah sadar. Itu nggak lebih dari selembar kertas. Mereka nggak bernyawa, nggak punya perasaan, dan mereka nggak pernah marah kalopun saya bikin mereka jadi tokoh antagonis atau tokoh yang di-bashing, atau malah gender mereka diubah.

Pembashingan itu emang nggak baik. Mungkin kali ini saya nggak sengaja nge-bash Hinata. Padahal saya bener-bener nggak bermaksud sama sekali. Nggak ada fans yang mau tokoh idolanya dihina. Saya ngerti. Dan saya minta maaf bikin fic yang isinya Hinata sakit hati gara-gara Sasuke di endingnya.

MAAF UNTUK SASUHINALOVER
—semoga aja kebaca.

(saya yakin banyak yang nggak ngerti kenapa saya nulis beginian)—anggep aja saya lagi curhat.

2 komentar:

Hiaku Herry said...

Duh kok saya malah kelihatan jadi cupu gini ya, tulisannya sulit untuk dijangkau nih :D
Pasti kalo yang ngerti ya yang tau aja..hehe
Oia salam kenal ya, sukses terus :))

Rika Priwantina said...

eh? nggak gitu kok :D
iya soalnya ga semua orang ngerti masalah ini hehe.
iya, salam kenal juga :))