January 26, 2012

University Day Out (UDO) 2012


Yaaaa! Kembali lagi bersama saya rikaaaa :p
Kelas 12 makin horror. Sumpaaaaaah kalo boleh sih saya milih 24 jam non-stop di depan laptop daripada belajar 13 jam perhari. Emang sih nggak full 13 jam, tapi yaaaaa Masya Allah dari jam 7 berangkat sekolah, baru pulang jam 8 malem. Hebat? TEWAS! Mau nggak mau ya harus mau. Tuntutan? Mungkin. Capek? Pasti. Rasanya bagai…. Ah tak terlukiskan :p

Udah ngeluhnya. Sekarang masuk topik hahaha. Hari minggu kemaren (22/01/12) ada acara macem  seminar universitas gitu atau lebih tepatnya bedah universitas di Tangerang – Banten. Katanya sih acara ini khusus buat pelajar di Banten yang mau tau lebih lanjut tentang PTN-PTN favorit di Indonesia.

Saya ikut, latah aja sih ini ngikutin kakak-kakak kelas dulu. Terus ngikut temen-temen juga. ada @astrikiko juga ikut, lumayaaaaan ketemuaaaaaan hehehe :* acaranya sih lumayan seru, ada stand-stand dari PTN-PTN favorit berjejeran di dalem gedung PUSPITEK Tangerang, tinggal pilih aja PTN mana yang mau kita masukin atau yang mau kita kupas tuntas lebih jauh. Ada presentasi dari seluruh PTN favorit juga di acara ini. Saya nggak liat semua presentasinya karna saya bosen duduk, dan yang (kebetulan) saya liat presentasinya itu dari ITB, dan... WAW SEKALI! Merinding dengernya, pengen masuk sana... tapi nggak deh kayaknya, aku nggak kuaaaaaaat mamaaaaaaa!

University Day Out, disingkat UDO. Udah ada dari tahun-tahun sebelumnya. Mungkin tahun depan juga ada lagi dan saya berharap saya udah jadi mahasiswi yang ngisi stand PTN di UDO tahun depan, Amin :p info lebih lanjut tentang UDO, klik UDO 2012.



Sebenernya semua pelajar Banten tumpah ruah di acara ini. Makanya secara nggak sengaja juga jadi ajang reunian antar temen SMP/SD, unyu momen banget hahahaha. Saya ketemu beberapa temen SMP (yang dulunya suka bareng-bareng mainnya, Anime Kurabu! Hehehehe), nggak ada yang banyak berubah dari segi wajah, yekali masa pada oplas haha, yang berubah itu mungkin cuma tinggi, yak! TINGGI! Sayapun nggak ada perubahan hahahaha. Tapi ada yang bener-bener berubah dari temen-temen SMP. Pikiran yang jauh lebih dewasa. Gimana ya... pas SMP kan kita ngobrolin sesuatu yang konyol-konyol atau curhat-curhat, sekalipun itu tentang pelajaran ya paling sebatas ngapalin rumus, dll. Tapi kemaren beda, kita semua ngomongin masa depan... yak! Masa yang akan datang hahaha. Dari mulai perkuliahan, dunia kerja, hidup mandiri, motivasi hidup, dll. Dan itu bikin merinding. Ternyata... kita semua kelak bakal dewasa dan mikirin hal-hal yang jauh lebih berat dari sekarang. Butuh perjuangan, yak! Haaaaaa saya ngerasa belum berjuang apa-apa, saya masih jongkok padahal UN/SNMPTN udah ada didepan mata.

Dari UDO, lumayan sih dapet banyak motivasi dari kakak-kakak seniornya. Motivasi saya tentang apa yang kita suka, itu yang harus kita lakuin disebut-sebut juga. Kalimat yang sedikit saya tangkep kemaren adalah, “Kita kuliah 3-4 tahunan dan bayangin kalo kita diharusin belajar dalam bidang yang nggak kita suka, apa jadinya?” Mabok iya! Makanya pilih jurusan yang bener-bener dari hati, bukan terpaksa atau ikut-ikutan karna lagi booming. Apapun jurusan yang kita pilih, sekalipun itu nggak bernilai di mata orang lain, kalo kita suka, kita minat, jalanin dan nikmatin. Semua bakal nyaman kalo kita nikmatin. Masalah prospek kerja? Itu masalah gampang. Dan tadi temen saya bilang, “Sekalipun lo masuk jurusan yang orang lain anggap jelek atau nggak bernilai, kalo lo bisa jadi nomor satu disana? Kenapa nggak, iya kan?” Dan yeaaaaaah! Itu pembelaan banget buat saya. Sastra? Halah sepele. Itu presepsi orang, saya sendiri sih nggak peduli, karna saya suka jurusan itu. Hehehe.

OH YAAAA! H-6 menuju SNMPTN UNDANGAN! Pesimis banget saya. Fffffuuuuuuuh! Semoga saya masuk, Amin :”> (rasanya nggak punya harapan) SEMANGAAAAATTTTT BUAT ANGKATAN 2012 YAAAAAA!!! SEMANGAT UN! SEMANGAT SNMPTN! AYOOOOOO!

January 12, 2012

Passion

Baru kemaren saya nginjek umur 18 tahun, dan saya langsung diajarin apa rasanya bersyukur, hoki, niat kuat, dll. Intinya saya mau cerita tentang lomba pidato bahasa Jepang kemaren yang diadain sama MGMP Bahasa Jepang se-Banten tanggal 7 Januari kemaren, saya dapet juara 3. Yah, walaupun urutan ketiga dari 19 peserta, itu nggak nyangka bangeeeeeeeet buat saya haha. Saya pikir saya bakalan kalah, saya blank di tengah-tengah pidato, bingung harus improve apaan gara-gara efek ngafalin teks ‘keterlaluan’.

Pas jawab pertanyaan dari dua jurinya, mulus, walopun saya jawab pendek-pendek doang hahaha. Hal paling konyol pas jurinya nanya “Jam setiap hari kamu nonton tv?” (ini pake bahasa Jepang, itu arti yang saya tangkep). Saya jawab “Jam 7”, dia nanya lagi, “Tepatnya 7 apa?”, saya jawab lagi, “Malem”, dia nanya lagi, “Sampe jam berapa?”, saya mau jawab apa disini bingung soalnya saya lupa tadi saya bilang jam 7 atau jam 8 (sichiji atau hachiji), mirip-mirip sih, saya mau jawab jam 9 (cari aman) tapi saya beneran lupa bahasa jepangnya 9, HAHAHAHAHAHAHA. Akhirnya saya jawab, “Juuji”, dia langsung ketawa, “Hontou nagai, bla-bla-bla” saya nggak nangkep bahasa jepangnya tapi artinya kurang lebih “Lama banget nontonnya, terus kapan belajarnya?” HUAHAHAHA SAYA JAWAB SAMPE JAM 10 SOALNYA! Saya bilang lagi, “Nggak tiap hari kok”, dia ngangguk ngerti. Akhirnya saya boleh turun podium.

Ini pertama kalinya saya ikut lomba, pertama kalinya berdiri di podium megang mic, pertama kalinya lomba pidato bahasa Jepang, pertama kalinya wakilin sekolah. INI SEMUA PERDANA. Saya gugup parah sebelum acara mulai. Teks yang semalem udah hafal, mulai berantakan nggak kesusun di otak, saya sebenernya nggak terlalu paham bahasa Jepang, cuma ngerti dikit-dikit doang. Semua orang juga bakal bisa kalo disuruh ngafalin seminggu, terus maju buat lomba pidato, bahasa apapun. Saya kaku di podium, lutut gemeteran, sumpaaaaah rasanya dada pengen meledak, ini emang lebay, tapi saya beneran parah gugupnya. Selesai turun dari podium, saya langsung lemes. Kepikiran sensei, kepikiran sekolah, gimana kalo nggak bawa nama baik sekolah yang emang jadi tuan rumah. Bukannya saya terobsesi buat ‘harus dapet juara’, tapi saya ngerasa dibebanin tanggung jawab yang gede banget sama semuanya. Temen-temen 12 IPA 6 malah pada nonton dan dukung, saya nggak enak sama mereka semuanya. Saya sendiri sih nggak masalah nggak juara, saya seneng bisa ikut lomba pidato bahasa Jepang, itu salah satu rencana pas saya lulus SMP, huahahaha liat ini (kalo mau). Buat pengalaman saya sendiri juga. Tapi akhirnya, saya bisa dapet juara, walaupun cuma juara 3, Alhamdulillah ya Allah.

Kata sensei, mungkin penilaian paling besar dari pertanyaan itu, buat ngukur seberapa jauh kita tau bahasa Jepang. Gitu gitu deh. pas di umumin dapet juara saya langsung salim sama sensei, terus cipika-cipiki (ini nggak tau deh kenapa bisa jadi cipika-cipikian, sensei yang mulai). Saya langsung maju, dan ini pertama kalinya saya dapet piala lagi setelah dapet piala terakhir kalinya pas zaman TK huahahaha. Saya dapet bingkisan dari Japan Foundation, isinya buku kanji sama majalah atau selebaran tentang Jepang gitu. Dan saya juga ternyata diwawancara sama Banten TV, nggak tau buat acara apa, tapi saya ditanya-tanya tentang Jepang, dll. Eh pas malemnya, Om saya sms Mama katanya dia barusan liat saya di Banten TV. Dua kali deh tuh masuk TV lokal huahahaha. Saya sendiri ngerasa, bangga :p

Kesukaan itu bisa apa aja, minat kita bisa dimana aja. Yang saya alami sih, kalo kita suka sama sesuatu, kita pasti bisa ngelakuin itu. Sebaliknya, kalo kita maksain bisa, tapi kita nggak suka, percuma. Mendingan suka dulu, baru kita bakal bisa dengan sendirinya.

Semester dua capeknya udah mulai kerasa. Les berubah jadwal jadi sore sampe malem. Ngantuuuuuuk, bukannya fokus, malah ngantuk -_- semangat buat tanggal 16 April teman-teman seangkatan! Yuuhuuuuuu!

January 6, 2012

TAWON

Tau tawon? Bukan, Tawon bukan artis korea, bukan member boyband, bukan. Tawon = lebah. Saya dikatain tawon sama anak sekelas. Yekali emang saya suka ribut sendiri sih orangnya. Nyeletuk asal, ketawa-tawa, ngobrol pas ada guru, dll. Intinya saya dibilang ‘tawon’. Yang suaranya emang nggak melengking, tapi terus-terusan, wingwingwingwingwing gitu.

Saya sih nggak marah, lagian nyatanya saya emang suka ngobrol apalagi pelajarannya ngebosenin macem agama, pkn, apalagi sejarah. Saya duduk paling belakang. Udah kecil, paling belakang pula, tentramlah kalo ngobrol nggak akan ketauan. Tapi nyatanya, SAYA SELALU KETAUAN.

Tadi, pas pelajaran agama, baru pertama tuh guru masuk di semester dua ini. Dia ngabsen sekelas, terus tiba-tiba nyuruh saya pindah duduk ke depan. Ada apa? Sayapun bertanya-tanya sodara-sodari setanah air. Nggak cuma saya sih, temen saya satunya lagi disuruh duduk di depan juga. Oke sepele, saya lakuin. Tetep aja celinguk-celinguk, tetep ngobrol, ngikik-ngikik juga.

Eh tuh guru langsung bilang pas topiknya rada nyangkut sama ‘kasus’ saya (mungkin saya bermasalah di mata dia),
“Rika di belakang ngobrol, udah di pindah ke depan tetep aja ngobrol.”
Ya Allah ibu guruku yang tercintaaaaaaaa, saya emang ngobrol, tapi saya ngedengerin juga kali, buktinya tadi saya langsung hafal surah yang ibu suruh hafalin. Hahaha tapi kalo topiknya ngebosenin, ya nggak saya dengerin emang bu :p

Dia bilang juga kalo kelakuan di kelas itu punya pengaruh buat nilai rapot. Nilai agama saya kemaren pantesan cuma 80. Mungkin saya beneran bermasalah sama dia. Dasaaaaaaaaaarrrrrr!

Dan kayaknya gelar tawon emang cocok sama saya. Oke, saya tawon, kalo kamu?

Tua Sekali, 18 y.o

Halooooooo Little! Ini postingan pertama di tahun 2012. Pembukaan 2012 nggak ada, saya nggak sempet posting gara-gara liburan ke Lampung dan nggak dapet koneksi smart, grrrrr! Tapi saya post di facebook, huehehe. Dan gara-gara saya sibuk sendiri sama pidato, oh oh oh ini perdana. Oke lupain!

Januari, 2012. Udah masuk ke tahun yang baru. Dan, bagi saya juga masuk ke umur yang baru. Cause today is my birthday! Huahaha. Ini pertama kalinya posting tentang ulang tahun sendiri di blog ini :p


(ini kiriman M, dia nggak dateng aja saya seneng banget, apalagi dia dateng XD)

May today be filled with sunshine and smiles, laughter and love.

Tua, ya yang pasti makin tua aja hari ini. Delapan belas tahun, hahaha berasa tante tante. Lepas dari umur tujuh belas tahun, yang katanya umur menuju kedewasaan. Jujur, saya belum bisa dewasa. Dari segi apapun. Fisik dan batin :p

Nggak ada pesta, nggak ada apapun, biasa aja, beneran hari ini kayak hari biasa. Malahan dipersibuk sama persiapan buat besok. Besok lomba pidato bahasa Jepang, jeng-jeng-jeng-jeng! Semoga, lancar. Amin huehehe.

ADA SPECIAL GIFT! Ya, ulang tahun kali ini saya dapet sesuatu yang sebelumnya belum pernah saya dapet. Novel, baju, tas, hiasan, boneka, dll. Tahun ini saya dapet kotak kecil beludru merah bentuk hati, isinya…………… XD. Sumpah romantis abis ini kado. Klasik, saya bengong, tapi makasih banyak ya M :)

Wishes di umur yang udah sangat tante tante ini adalah:
1. Keluarga baik-baik selalu
2. M sembuh total
3. Lulus UN (nilai kayak SMP) dan masuk PTN (sesuai rencana)

Cuma itu aja. Sisanya, semoga doa-doa yang di kasih temen-temen terkabul, hiehehehe, terutama yang ngedoain biar saya cepet tinggi, HAHAHAHAHA obsesi tinggi di tahun 2012. Yang di facebook, sms, twitter, di kelas, di sekolah, dll :) Amin ya Allah, makasih udah ngucapin, apalagi sama doanya XD

Happy Birthday buat saya! Huehehehe. Balesin wall sama mention dulu ah :p