June 28, 2011

GELAR JEPANG UI 2011

GELAR JEPANG UI 2011, yeay! yeay!
tahun lalu juga ada, GELAR JEPANG UI 2010, yeaaaay!

pokoknya mulai tahun 2010, semoga tiap tahun bisa hadir ke Gelar Jepang UI di Depok. sama siapapun boleh lah asal nyampe, yang penting bukan sama orang-orang galau hahaha TROLOLOL *pengalaman nggak enak tahun ini di perjalanan*

26 JUNI 2011, di Pusat Studi Jepang dan Lapangan Parkir FIB Universitas Indonesia Depok udah kayak lautan manusia dan lautan matahari, astaga padet plus panas banget, akhirnya nggak bisa tenang jalan-jalan di GJUI tahun ini, err maksudnya nggak bisa poto-poto sama cosplayer lain, sedih banget ya... padahal kan niatnya itu... CUMA GARA-GARA PANAS!!! >///< parahnya lagi, nggak ada poto bareng Astri, cuma satu dan itupun nggak pake kostum, nista banget huwaaaaa~ D'X

ini emang event besar sih jadi nggak heran kalo yang dateng juga 'waw' banget. dari yang nggak cosplay, cosplayer, sampe anak bayi, ibu-ibu, bapak-bapak, cici-cici oriental semua dateng. tahun ini tema GJUI adalah 'Jelajahi Dimensi Waktu, Temukan Pesona Perpaduan Budaya Dua Bangsa', ya begitulah.. haha sebenernya Rika nggak ngerti #plak

sama kayak tahun lalu, ada banyaaaaaak banget lomba sama acara di GJUI, jadi bingung apa aja yang harus di liat. karna Rika cuma dateng di hari ke-3, rundown tiap harinya juga beda kok, di mulai dari hari Jumat (24 Juni 2011), Sabtu (25 Juni 2011), sampe Minggu (26 Juni 2011). hari minggu itu acara puncak jadi Rika pengen liat, hohoho. akhirnya Rika sama Astri sampe malem di GJUI tahun ini *nggak kayak tahun lalu yang cuma sampe siang di GJUI gara-gara besoknya mau UAS* <-- nasib. karna tahun ini GJUI pas banget lagi liburan sekolah, sujud syukur deh bisa sampe malem, sampe liat bon odori, sampe liat hanabi~~ KYAAAA~~ *fangirls kambuh*

ADA APA AJA? oke ini semuanya di hari ke-3 beserta curhatan Rika #plak :

Bazaar *sama sekali nggak belanja di GJUI tahun ini, faktor kepanasan plus faktor ekonomi juga hahaha*
Band Audisi *ini nggak liat, belum nyampe, hahaha*
Covering Dance *ini juga nggak liat, masih sibuk parkir*
Band Featuring (Summer Sound, Honeybeat, Obake, sama apa satu lagi lupa) *kalo ini liat, hahaha sambil ketemuan sama sahabatku Mirza, hohoho*
Lomba Kakigori (makan es serut ala ala musim panas di Jepang) *nggak liat, di Bunderan PSJ*
Omochitsuki dan Lomba makan mochi *di Bunderan PSJ, nggak liat juga*
Omikoshi *di area Bazaar, ini juga nggak liat*
Obakeyashi (rumah hantu) *nggak masuk, ada di Auditorium*
Layar Tancap *di parkiran PSJ, nggak liat juga*
Cosplay *ini nggak liat, sibuk ketemuan sama ngobrol-ngobrol, hahaha*
Yosakoi & Jakara Taiko Club *ini udah liat dikit tapi dari jauh, eh langsung balik lagi, ngobrol lagi, hahaha*
Eisa Okinawa *ini cuma liat kerumunan orang-orang yang lagi nontonnya aja*
Permainan Tradisonal *nggak nyoba*
Pemutaran Film *di Auditorium, nggak nonton, kalo nggak salah denger, film yang di puter judulnya '5 Centimeters Per Second' huahahaha film yang RIKA BANGET!!! #dor emang iya kok hehe*
X-Shibuya *liat pas terakhirnya*
Onizuka Band *liat full, tapi nggak tau lagunya, hahaha padahal covering MUCC* 
Jakaruta Keion Club *NONTON! ini konyol hahaha, orang Jepangnya nggak fasih nyanyi bahasa Indonesia, malah nyanyi dangdut pula hahaha UI di goyang lah #plak hahaha*
Chicken Katsu Band *LIAT DAN IKUT NYANYI SAMPE ABIS, yah chiku emang unyu deh hahaha*
Bon Odori (tari tradisional Jepang) *di Bunderan PSJ, sumpaaaaaah ini pertama kalinya Rika liat Bon Odori LIVE, LIVE loh, soalnya cuma pernah liat di youtube D'X sedih banget kan? tapi akhirnya Rika liat juga. hohoho keren banget, kereeeeeeeen. tapi sayang Rika nggak ikut nari soalnya nggak dapet tempat, pokoknya tahun depan atau di jfest lainnya RIKA MAU IKUTAN NARI hahahaha*
Hanabi (kembang api) *INI YANG DI TUNGGU-TUNGGU!!! UYEAAAAAH ctar ctar ctar warna warni percikan api di angkasa malam <-- ini apa? HAHAHA lupakan. ya sama sih kaya kembang api tahun baruan gitu, tapi ini beda, soalnya liat bon odori dulu jadinya rasa-rasa Jepangnya muncul #dor hahaha*
kalo lebih lengkapnya liat ke sini ya.

oke, acara selesai, telapak kaki udah nggak tau kabarnya gimana, saaaaakhiiiittt, haha oke ini lebay tapi emang beneran kok sakit, gara-gara jalan nggak jelas dari siang sampe malem begini. nungguin Astri yang mau ketemuan juga sama 'shintong' *gebetannya Astri #plak <-- di tabok Astri, perlu di link nggak nih? XD* terus akhirnya nggak jadi ketemu, dan mari pulang... pulang ke Cilegon, pulang ke rumah Astri, haha udah malem banget kata Astri nginep aja, ya udah, hoho. oh ya, cerita ketemuan sama sahabatku Mirza nanti ya, hahaha #dor

berikut amatiran di GJUI :
cuma sedikit, oke.. faktor panas jadinya nggak mood foto-foto. ini dari kamera Astri dan Rika di gabung. punya Astri udah di upload semua ke Facebook-nya, punya Rika masih belum di upload semua, nanti di upload ke Picassa aja. oke! (nb: ini foto semua udah dikecilin, haha bakal seabad kalo ukuran aslinya)
astri & rika / kiko & nami (cuma ini satu-satunya foto berdua)
Hirasawa Yui & Rika
Sasuke Uchiha & Rika
Vocaloid(s) & Rika
Dokuplay (Dokuritsu Cosplay) & Rika
Dokuplay (Dokuritsu Cosplay) & Astri
Uzumaki Naruto & Rika
Astri aka Misa Amane (tengah) & sodara-sodaranya (kiri: mbak Ajeng, kanan: mbak Elin)
Anak Dokuritsu (dari kiri: Adi, Roochan, kak Dika)
lautan manusia di PSJ UI >///<
kiri atas: Astri, Rika. kiri bawah: mbak Elin, mbak Ajeng
dari kiri: Rika, Astri, mbak Elin, mbak Ajeng @ gerbang masuk GJUI
Onizuka Band (spotnya kejauhan, didepan udah kayak konser apaan aja, ga kuat -__-)
Jakaruta Keion Club


Summer Sound
Honeybeat
Bon Odori dari jauuuuuh banget D'X
HANABI

maka dengan ini selesailah acara Gelar Jepang UI 2011. MATA RAINEN!! ;))
tahun depan Rika harus dateng lagi! hohoho

June 24, 2011

24, aku dan sahabatku

ini postingan sekedar pengen curhat. tengah malem ini beneran seneng, tau kenapa setiap tanggal 24 selalu seneng, oke ini emang terkesan lebay, tapi apa mau dikata ini kenyataannya :p

24, mulai bulan Januari sampe Desember juga selalu seneng *emang ada apaan?* ada kamuuuuu :* #dor #korbananjing engga kok eh tapi emang bener, ada kamu, ada kamu yang jadi sahabat aku! <-- menyinetron. oke intinya tanggal 24 itu adalah hari bersejarah, untuk aku, kamu, dan kita semua hahaha engga... engga... hanya untuk aku dan kamu, untuk Rika dan Mirza, jadi 24 itu adalah hari persahabatan kita. yak oke, dibahas, namanya Mirza Rifki Andrian dan sebut saja @rifuki <-- di klik ya biar eksis XD dia sahabat Rika, err mungkin itu dulu, kalo sekarang... mau dibilang apa aja juga boleh deh hehehe #plak (menurut Rika) kita bisa jadi apapun, sahabat, pendamping, temen ceng-cengan, temen belajar, dan segalanya *singkatannya dsg*. dibilang kayak pacaran? ah engga masalah, intinya kita ya kita, sahabatan, pacaran, atau apapun engga masalah hahaha *keberatan?*.

punya sahabat yang cocok itu susah banget, apalagi sahabat yang setia, susah banget nyarinya zaman sekarang #plak #berasapidato jadi punya satu sahabat yang selalu ada itu udah bener-bener mukjizat dari Allah S.W.T *oke, ini terkesan lebay lagi*. jadinya, Rika seneeeeeeeeng banget punya sahabat yang selalu ada (ah, Amin) hahaha Rika curhat.

okonomiyaki & takoyaki


Rika yakin ini cuma iseng, atau emang beneran kata-kata dia serius, dia bilang "Persahabatan kita di atas takoyaki", huaaaaa "apa sepenting itu takoyaki buat dia? dan apa aku nggak penting? huft kacian aku kaka" <-- oke, lagi, ini menyinetron, bener-bener menyinetron dan labil hahaha. cuma ada yang unik aja di dalem kalimat itu. ya, dia emang unik, beda dari yang lainnya, ya itu kenyataannya.

mungkin nggak kita bakalan sahabatan sampe kakek-nenek (ya, dia kakek, Rika nenek) HAHAHA. semoga Allah S.W.T mengizinkan, Amin :)) dan inilah kami, aku dan sahabatku,
miruka
sampe ada singkatan nama kita gitcuuu deh biar gawl hohoho, MIRUKA also known as Miruza Rika, kurang sweet apa lagi coba kita? uyeaaaah \m/

udah ah curhatnya, kesenengan tak terbendung dan dia kayanya malah ketiduran, woooo jadi siapa sekarang yang tukang tidur? ha? *semoga baca deh :p* oke, sampai bertemu di Gelar Jepang UI hari minggu besok (26 Juni 2011) ya my dear friend, hohoho XD XD \^___^/

June 21, 2011

I'm Not Cosplayer, You?

uang halal... uang halal...
distress, yeaaah! 
I needs moneys, real moneys, and 'halal' moneys!
-today's status-

kemaren lusa (Minggu, 19 Juni 2011) pas ketemu sama Astri, my bestfriend everevereverever lah, segalanya pokoknya hehehe *kalo Astri baca, jangan terbang ya :p*, biasa deh minggu sore kita kumpul komunitas Jepang di alun-alun Serang, tapi kita berdua mulai 'terbuang' di komunitas itu #tidakdibahas oke terus kita berdua milih pergi buat makan dan ngegosip *cewek dimana-mana sama aja :p* bukan sembarang gosip, tapi ini fakta hahaha #plak. abis acara ngegosip selesai, Rika mikirin sesuatu...

Rika masuk komunitas Jepang supaya apa? supaya Rika bisa ketemu orang-orang yang sepemikiran sama Rika, sepemikiran tentang Jepang dan sebagainya. makanya pas tanggal 31 Desember 2009 rasanya seneng banget bisa masuk Dokuritsu, satu-satunya komunitas Jepang yang Rika tau ada di Cilegon dan sekitarnya, yah masalahnya kalo mau ikut yang di Jakarta pasti berat di ongkos. di Dokuritsu juga asik kok, komunitas Jepang yang menonjolkan kegiatan cosplay-nya, yang belum tau cosplay, klik ini. awalnya yang cuma ikut-ikut orang yang cosplay akhirnya bisa beneran cosplay walaupun pake kostum original (tanpa karakter, membuat karakter sendiri) tapi tetep rasanya seneng banget, pertama kali cosplay di acara Festival Jepang - Animaku no Sekai tanggal 24-25 Juli 2010. ini pertama kalinya cosplay:

berdua sama Astri (biru), hehehe unyu nggak? #plak
setelah acara itu jadi lebih sering ikutan cosplay walaupun nggak 'bener-bener' cosplay karena masalah biaya, nggak ada modal besar buat bikin kostum yang keliatannya 'real' dimata orang, yah akhirnya cuma seadanya aja, makanya itu rasanya aneh kalo Rika dibilang 'cosplayer' karna sebenernya 'bukan cosplayer'. terus malah jadi mikir macem-macem, "Apa untungnya Rika cosplay? beli-beli barang yang nggak ada gunanya, cuma biar keliatan mirip karakter yang mau kita ikutin, sayang kan uangnya.. mending buat beli barang yang lebih berguna." tapi Rika sendiri nggak setuju sama pikiran kaya gitu, masa cuma di liat dari sisi negatifnya aja, Rika cosplay, err mungkin semi-cosplay cuma buat nyalurin hobi, kalo ditanya "hobi apaan kayak begitu?" hobi itu kan variasi, terserah apa maunya kita, kesukaannya kita, nyamannya kita, senengnya kita, itu namanya hobi, nah Rika ngerasa cosplay tuh sebagai hobi, cuma main-main aja, cuma buat seru-seruan aja, walaupun emang kadang nggak rela beli barang-barang (yang ujungnya nggak di pake) buat cosplay, tapi Rika sendiri seneng. pernah Mamah bilang, "setiap minggu sore kumpul ngapain aja, kamu itu bukannya belajar malah Jepang-jepangan terus," yah Mah, apa mau di kata kalo kitanya suka sama kegiatan kaya gitu? Rika suka Jepang, suka banget, kenapa? banyak hal yang bisa Rika pelajarin dari Jepang, mulai dari gaya hidupnya yang disiplin, bersih, tepat waktu, dan lain-lain, terus budayanya yang unik, terus kulinernya yang unik dan enak, terus bahasanya, tekhnologi, Anime, Manga, musiknya, semuanya, semuanya, pokoknya kalo udah bahas Jepang pasti bakal panjang, mulai dari yang bermanfaat sampe yang cuma buat hiburan kayak Anime sama komiknya. jadi nggak ada salahnya kan kalo Rika suka Jepang? suka cosplay? punya komunitas Jepang? emang nggak ada salahnya asal bisa ngatur waktu, kapan harus Jepang.. kapan harus bersikap jadi pelajar dan murid yang baik.. dan kapan harus nurut sama Allah S.W.T dan orang tua.
tapi akhir-akhir ini Rika malah ngerasa kalo kegiatan 'Jepang' itu cuma ngabisin waktu, ngabisin uang, ngabisin tenaga, entah kesambet setan macem apa Rika mikir kayak gitu. sejak Mamah sama Babah bilang "kamu mau kuliah sastra Jepang? terus nantinya mau jadi apa? anak IPA kenapa harus sastra Jepang? nggak sayang sama jurusan?" Rika mikir lama banget.. sampe akhirnya bilang "ya udah nggak jadi, Biologi aja deh," #DUAAAAR kenapa bisa? entahlah... Rika mulai ngerasa aneh sama diri sendiri. lah jadi oot gini postingannya, ya udah deh udahan aja, masalah Sastra Jepang nanti Rika bahas lagi.
intinya sekarang Rika emang bukan cosplayer, bukan pemain kostum, oke... mungkin seni nggak di nilai dari materi, tapi jiwa *ngomong apa sih?* cosplay itu seni, kita bikin diri kita jadi karakter yang kita suka, yang kita kagumi, atau cuma yang kita anggep lucu/menarik gimanapun caranya. tapi Rika sekarang mulai ngerasa kalo 'Rika bukan cosplayer', bukan cuma karena biaya, tapi rasanya... rasanya... ah dilema. mungkin liat ke depannya aja nanti gimana, "I'm Not Cosplayer (now), You?"

postingan ter-oot
#plak
BYE BYEEEE!

June 19, 2011

Kelulusan Bukanlah Akhir

YEAY KELULUSAN *woo bukannya udah lewat ya?*
iya mungkin, hahaha. mau udah lewat atau nggak, tetep Rika mau posting sesuatu HAHAHA <-- efek frustasi kemaren.

kelulusan = pindah sekolah
kelulusan = pisah sama temen-temen yang udah klop sama kita
kelulusan = ninggalin semua kebiasaan seru, konyol, nakal, dll bareng temen-temen setiap hari di sekolah
kelulusan = pisah sama pacar *kalo punya pacar dan nantinya bakal beda sekolah*
kelulusan = akhir segalanya <-- oke ini lebay

begitu kan? iya nggak sih? Rika sih cuma setuju point 3 aja hehehe soalnya itu pengalaman waktu lulus SMP sakhiiiit banget! <-- oke lebay, hahaha. tahun ini sih nggak ngerasain kelulusan (SEMOGA NGGAK ADA ROLLING KELAS LAGI, XI IPA 6 TETEP XI IPA 6). nah tahun lalu tuh pernah ngerasain, bukan kelulusan sih, cuma pisah kelas, tapi kelasnya udah asik banget, ASPAT, liat ini khu khu khu emang sedih sih #dor waktu penjurusan sialan itu tuh, lengkapnya klik ini aja, dan jeng jererereng tahun depan baru deh... start awal menuju masa depan *tsaaah~* LULUS SMA, Amin Ya Rabbal Alamin. yah pokoknya apapun arti 'kelulusan' buat kita semua, intinya Rika punya lagu buat orang-orang yang baru aja ngerasain 'kelulusan', buat SD atau SMP atau SMA, semuanya... ini dia... Rika persembahkan sebuah lagu untuk kalian semua wahai saudaraku sebangsa dan setanah air juga untuk Jepang dan sekitarnya *soalnya ini lagu Jepang* #plak emang liriknya biasa aja (mungkin Rika yang nggak mahir translate-nya, hahaha), tapi kalo udah liat Anime-nya pasti 'ngena' banget, HAHAHA. tonton ya *bagi yang belum* ANIME K-ON!! <-- promosi.

Tenshi ni Fureta yo!
Vocals: Ho-kago Tea Time (Toyosaki Aki, Hikasa Yoko, Sato Satomi, Kotobuki Minako as Hirasawa Yui, Akiyama Mio, Tainaka Ritsu, Kotobuki Tsumugi)

Nee omoide no kakera ni
Namae o tsukete hozonsuru nara
“Takaramono” ga pittari da ne
Hey, untuk potongan-potongan kenangan
Jika aku menyimpannya sebagai file baru
Apakah itu persis sebuah “harta karun”

Sou kokoro no youryou ga
Ippai ni naru kurai ni
Sugoshita ne tokimeki-iro no mainichi
Yeah, aku mengahabiskan waktuku
Untuk mengisi ruang dalam hatiku
Setiap hari adalah warna yang berdenyut

Najinda seifuku to uwabaki
Howaitoboodo no rakugaki
Ashita no iriguchi ni
Oitekanakucha ikenai no kana
Seragam yang  biasa kugunakan dan sepatu dalam ruangan,
Atau coretan di papan tulis
Aku pikir aku akan meninggalkan semuanya
Di pintu masuk besok

Demo ne, aeta yo! Suteki na tenshi ni
Sotsugyou wa owari ja nai
Kore kara mo nakama da kara
Issho no shashin-tachi
O-soro no kiihorudaa
Itsu made mo kagayaiteru
Zutto sono egao arigatou
Tapi aku bisa bertemu malaikat yang anggun!
Kelulusan bukanlah akhir
Karena kita masih menjadi sahabat untuk selamanya
Foto-foto kita bersama
Gantungan kunci kita yang sama
Akan bersinar selamanya
Aku akan selalu berterima kasih untuk senyummu

Nee sakura no ki mo chotto
Setake ga nobita mitai
Mienai yukkuri na supiido de mo
Hey, pohon-pohon sakura
Terlihat tumbuh perlahan-lahan, begitu kan?
Bahkan jika itu adalah kecepatan, begitu lambat

Kitto ano sora wa miteta ne
Nando mo tsumazuita koto
Sore de mo saigo made aruketa koto
Sesungguhnya langit melihat
Ketika aku tersandung lagi dan lagi
Namun aku masih bisa berjalan sampai akhir

Fuwari houkago no rouka ni
Koboreta onpu no hane
Fukafuka tsumoru made
Kono mama de iretara ii no ni na
Di aula sepulang sekolah
Sayap catatan musik berbunyi ringan
Kalau saja kita bisa tinggal seperti ini
Sampai mereka menumpuk semua lembut dan mengembang

Demo ne, fureta yo! Aisu beki tenshi ni
Tadaima tte iitaku naru
Kono basho wa kawaranai yo
Meeru no jushinbako
Marushita karendaa
Tobikiri no yume to deai kureta
Ongaku ni arigatou
Tapi aku menyentuh malaikat penuh cinta
Aku merasa seperti mengatakan “aku kembali”
Tempat ini tidak akan berubah
Pesan di kotak masuk ku
Kalender di tandai dengan lingkaran
Aku berterima kasih pada musik
Yang membuatku menemukan mimpi yang hebat

Eki no hoomu   kawara no michi
Hanaretete mo   onaji sora miagete
Yunizon de utaou!
Di stasiun, di tepi sungai
Bahkan jika kita terpisah, ayo lihat ke langit yang sama
Dan bernyanyi bersama-sama!

Demo ne, aeta yo! Suteki na tenshi ni
Sotsugyou wa owari ja nai
Kore kara mo nakama da kara
Daisuki tte iu nara
Dai-daisuki tte kaesu yo
Wasuremono mou nai yo ne
Zutto   eien ni issho da yo
Tapi aku bisa bertemu malaikat yang anggun!
Kelulusan bukanlah akhir
Karena kita masih menjadi sahabat untuk selamanya
Jika kamu bilang, “Aku sangat mencintamu”
Aku akan menjawab, “Aku sangat sangat mencintaimu”
Aku tidak punya apa-apa lagi
Kita akan selalu bersama untuk selamanya

lyrics : http://atashi.wordpress.com/
translated : @rikananami